Wisata Air Terjun Instagenik di Baturraden, Pilihannya Curug Jenggala

Vien Dimyati ยท Jumat, 15 Februari 2019 - 13:35 WIB
Wisata Air Terjun Instagenik di Baturraden, Pilihannya Curug Jenggala

Curug Jenggala jadi destinasi favorit wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu wilayah di Banyumas yang memiliki pesona alam menakjubkan untuk dijelajahi adalah Baturraden. Mulai dari wisata budaya, sejarah hingga alam memiliki daya pikat tersendiri.

Terutama bagi traveler yang menyukai wisata air terjun. Baturraden memiliki berbagai air terjun eksotis untuk dieksplor. Bahkan, salah satu air terjunnya terlihat sangat instagenik. Tempat tersebut bernama Curug Jenggala yang berada di Dusun Kalipagu, Ketenger.

Traveler yang berwisata ke air terjun ini dapat berfoto dengan background air terjun. Hasilnya sangat Instagramable. Curug Jenggala memiliki spot foto paling hits, yaitu papan kayu yang berbentuk gambar love. Letaknya tepat di depan air terjun.

"Curug Jenggala, surga yang tersembunyi di Banyumas. Berada di Dusun Kalipagu, Ketenger, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ini memiliki konsep spot kekinian yang memanfaatkan background air terjun. #ayodolan ke sini, menikmati panorama alam yang masih hijau asri serta diselimuti oleh udara yang sejuk khas pegunungan, cocok sekali sebagai lokasi yang menghilangkan penat setelah rutinitas yang melelahkan. Tiket masuk Rp5.000 per orang," tulis Instagram @ayodolan, Jumat (15/2/2019).

Tak hanya memiliki spot foto instagenik, Curug Jenggala juga memiliki pemandangan alam, seperti pepohonan yang rindang. Menariknya, Anda dapat melihat pesona tiga air terjun yang berjejer melebar.

Pada awalnya, Curug Jenggala diberi nama Curug Tempuan. Diberi nama seperti itu karena curug ini merupakan pertemuan dari beberapa sungai. Karena memiliki potensi wisata, maka masyarakat bermusyawarah mengganti namanya.

Curug Jenggala dijuluki surga tersembunyi karena terlihat indah. Apalagi ditambah dengan dua bukit yang mengapit bagian curug. Sungai yang memiliki titik temu di Curug Jenggala ini adalah Sungai Banjaran dan Sungai Mertelu. Di tengah pertemuan kedua sungai itu terdapat situs bernama Batur Semendeh.

Curug Jenggala masih satu kawasan dengan lahan perhutani KPH Banyumas Timur, letaknya tidak jauh dari Kebun Raya Baturraden. Jika traveler datang dari arah Purwokerto, bisa mengikuti jalan menuju ke Taman Wisata Baturraden. Tenang, banyak petunjuk jalan yang akan membantu perjalanan Anda.

Kalau sudah tiba di Baturraden, Anda bisa menuju ke arah Curug Bayan dan nanti di sebelah homestay akan menemukan petunjuk jalan menuju arah Curug Jenggala. Perjalanannya cukup sempit. Dari tempat parkir, Anda masih harus berjalan sekitar 500 meter untuk tiba di Curug Jenggala.

Editor : Tuty Ocktaviany