Wisata Air Terjun Terinting di Kalbar, Perbukitannya Indah Terselimuti Awan

Vien Dimyati ยท Selasa, 10 September 2019 - 12:29 WIB
Wisata Air Terjun Terinting di Kalbar, Perbukitannya Indah Terselimuti Awan

Wisata Air Terjun Terinting (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pariwisata Kalimantan Barat (Kalbar) memang belum terlalu populer dibanding Bali dan Lombok. Tetapi, jika ditelusuri lebih jauh, Kalbar memiliki pesona alam menakjubkan.

Salah satunya air terjun yang terkenal dengan julukan negeri di atas awan bernama Terinting. Air Terjun Terinting atau yang akrab disebut Rombo Terintik merupakan keindahan alam yang dimiliki Kalbar.

Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 50 meter dan terletak di ujung Kabupaten Landak, Kecamatan Air Besar, Desa Sempatung Lawuk, atau lebih familiar terletak di daerah Serimbu.

Air terjun ini terlihat menarik dan berbeda dari lainnya karena berada di ketinggian. Dari air terjun ini, Anda dapat melihat pemandangan perbukitan nan hijau hingga hamparan awan yang menakjubkan. Seolah, Anda berada di atas awan.

"Pernahkan sahabat melihat samudera awan sekaligus air terjun secara bersamaan? Nah, di Kalimantan Barat tepatnya di Desa Sempatung Lawek, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak sahabat akan menjumpai dua pemandangan megah sekaligus yaitu air terjun dan samudera awan yang berdampingan. Inilah Air Terjun Terinting yang menambah daftar salah satu air terjun terindah di Indonesia bahkan dunia. Pemandangan langka seperti ini dapat disaksikan di Kalbar. Menurut IF air terjun ini sngat indah dan sangat layak dijadikan air terjun terindah (surga) di Indonesia," tulis Instagram @jejak.kalimantan dikutip Selasa (10/9/2019).

Memang bukan hal mudah jika ingin menuju air terjun ini. Anda harus melewati hutan dan tebing yang menanjak. Sejauh ini, Air Terjun Terinting menjadi rekomendasi terbaik buat Anda yang ingin menikmati paket komplit, antara suasana air terjun, hutan lebat, bukit, gunung dan lautan awan secara bersamaan.

Keunikan air terjun ini karena berada di atas tebing. Di antara dua sisi akan terlihat air terjun bak tirai menghadap ke hutan lebat, kemudian diselimuti lautan awan. Maka tak heran tempat ini dijuluki Air Terjun Negeri di Atas Awan.

Untuk mencapai air terjun ini, traveler harus mendaki dan melewati jalan yang agak sulit. Butuh waktu tujuh hingga delapan jam untuk pemula yang ingin menuju Air Terjun Terinting. Jika sudah sampai di atas bukit, disarankan untuk bermalam di penginapan setempat atau tenda. Hal tersebut untuk mendapatkan momen terindah saat sunrise muncul di balik celah awan.

Bagi Anda yang melakukan perjalanan dari Pontianak. Maka jalur yang akan ditempuh yaitu Pontianak menuju Kabupaten Landak atau daerah Ngabang. Waktu diperkirakan sekitar empat sampai lima jam dengan kecepatan 60-40 km per jam.

Setelah itu, Anda menuju daerah serimbu hingga mencapai Dusun Engkangin dan Dusun Jamu sebagai tempat peristirahatan. Untuk sampai ke sana juga membutuhkan waktu sekitar kurang lebih dua jam. Kemudian melanjutkan perjalanan lagi selama enam hingga tujuh jam di jalur setapak dan mendaki.


Editor : Vien Dimyati