Wisata Menyusuri Kota Solo, Asyiknya Tamasya dengan Kereta Uap Kuno Berusia 1 Abad

Vien Dimyati ยท Selasa, 25 Februari 2020 - 14:03 WIB
Wisata Menyusuri Kota Solo, Asyiknya Tamasya dengan Kereta Uap Kuno Berusia 1 Abad

Menyusuri Kota Solo dengan kereta uap Djoko Kendil (Foto : Instagram @ayodolan)

JAKARTA, iNews.id - Selalu ada hal menarik di Kota Solo untuk dikunjungi oleh wisatawan. Kali ini, atraksi terbaru yang sedang viral adalah menyusuri Kota Solo dengan kereta uap berusia hampir 1 abad.

Kereta uap bernama Djoko Kendil ini baru saja diresmikan oleh PT Kereta Api Indonesia. Kereta Lokomotif ini adalah buatan Hanomag Hannover, Linden, Jerman pada 1921. Sepertinya ini akan menjadi ikon baru di Kota Solo.

Kereta tua yang memiliki kode lambung D1410 ini akan memanjakan wisatawan ketika berada di Solo. Wisatawan akan diajak menyusuri Kota Solo. Selain seru, berwisata dengan kereta tua ini wisatawan bisa sekaligus berswafoto.

 

"Setelah sekian tahun tertidur pulas dan menjadi pajangan di Museum TMII, akhirnya sekarang dia bangun dan mengawali dinas menjadi loko wisata menarik kereta Djoko Kendil menyusuri Kota Solo sebagai rangkaian pilihan Sepur Kluthuk Jaladara," tulis Instagram @ayodolan dikutip Selasa (25/2/2020).

Lokomotif uap ini akan mendampingi Sepur Kluthuk Jaladara yang kini sudah duluan beroperasi sebagai kereta wisata. Lokomotif tersebut menarik dua gerbong kereta dengan nomor seri asli SS9000 (tipe kereta tidur kelas 1) buatan Belanda pada 1938.

Gerbong kereta Djoko kendil ini memiliki panjang 20 meter. Sebagaimana diketahui gerbong ini dahulu digunakan untuk kereta mewah Nacht Express rute Surabaya - Yogyakarta - Purwokerto - Jakarta PP.

Dengan diaktifkannya kembali kereta kuno ini, maka turis lokal maupun mancanegara bisa mengingat masa lalu sejarah kereta api. Tak kalah mewah, gerbong kereta juga didesain istimewa. Kayu jati menjadi interior utama pada gerbong berkapasitas 50 orang ini.

Terdapat meja panjang yang dilengkapi dengan kursi melingkar, sehingga cocok dipakai untuk tempat rapat. Terdapat juga minibar di bagian belakang gerbong. Bagaimana, tertarik ingin menjajal kereta tua sambil berkeliling Kota Solo?


Editor : Vien Dimyati