Wisata Pandeglang, Kunjungi Cihunjuran sambil Berenang di Kolam Purba

Vien Dimyati ยท Selasa, 30 Oktober 2018 - 12:40 WIB
Wisata Pandeglang, Kunjungi Cihunjuran sambil Berenang di Kolam Purba

Situs Cihunjuran (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling menjelajahi situs tua dan tempat-tempat bersejarah memiliki daya pikat tersendiri. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki sejarah penting peninggalan zaman kuno yang kini menjadi destinasi wisata.

Salah satu destinasi wisata yang menyimpan peninggalan sejarah kuno adalah Situs Cihunjuran. Berada di Kampung Cihunjuran, Desa Cikoneng, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang. Situs ini merupakan arena pemandaian yang biasa digunakan warga untuk berwisata.

Area pemandian ini merupakan kolam yang memiliki air jernih dan segar. Pada bagian dasar kolam terdapat bebatuan. Kolam ini juga dikelilingi pepohonan yang membuat suasana kolam terasa sejuk.

"Situs Cihunjuran, berada di Kampung Cihunjuran, Desa Cikoneng, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang. Pada lokasi terdapat arena pemandian yang biasa digunakan warga untuk berwisata. Lokasi ini juga telah ditetapkan sebagai objek wisata di Kabupaten Pandeglang. Area pemandian dibentuk berupa kolam, air yang ada di dalamnya masih jernih. Tidak hanya itu, di bagian kolam juga terdapat bebatuan. Kolam ini dikelilingi pepohonan yang membuat suasana sekitar menjadi sejuk. Di balik keindahannya, lokasi itu ternyata menyimpan sejarah penting. Saat arkeolog melakukan survei pada 2001, ditemukan sejumlah artefak yang mengindikasikan bekas permukiman lama," tulis Instagram @bolangbanten, dikutip Selasa (30/10/2018).

Situs ini menarik dikunjungi ketika berlibur. Sebab, traveler dapat berenang di kolam purba peninggalan Kerajaan Salakanagara. Salakanagara merupakan kerajaan yang pernah ada di Banten, jauh sebelum ada Kesultanan Banten.

Ketika berada di sini, traveler akan menemukan beberapa jejak sejarah seperti menhir, batu berlubang, lumpang batu, pipisan dan sejumlah pecahan gerabah, serta keramik.

Jejak ini berada di sekitar mata air di tebing sebelah utara Gunung Pulosari, Pandeglang. Dengan ditemukan kepingan purba tersebut, menandakan di tempah ini pernah ada satu kehidupan zaman dahulu. Meskipun hingga kini belum dipastikan kehidupan manusia tersebut ada pada tahun berapa.

Jika tertarik mengunjungi kolam purba ini, traveler dapat mengambil rute ke kawasan Gunung Pulosari, Pandeglang. Di sana, Anda akan menemukan plang yang bertuliskan Situs Salakanagara.

Jangan lewatkan untuk membawa kamera di sini. Sebab, ada banyak spot untuk berswafoto. Selain tempat pemandiannya, bebatuan kuno yang ada di area kolam juga menjadi daya pikat di sini.

Editor : Vien Dimyati