Wisata Pantai Selatan Gunungkidul, Ada Gua Eksotis dengan Legenda Nyai Roro Kidul

Vien Dimyati ยท Rabu, 08 April 2020 - 10:39 WIB
Wisata Pantai Selatan Gunungkidul, Ada Gua Eksotis dengan Legenda Nyai Roro Kidul

Wisata di Gua Langse Yogyakarta (Foto : Instagram@zusufvani)

JAKARTA, iNews.id - Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak objek wisata menakjubkan untuk dijelajahi. Terutama untuk wisata pantai. Ada banyak wisata pantai eksotis yang wajib dijelajahi.

Salah satu pantai yang bisa dikunjungi dan melegenda hingga saat ini adalah pantai Selatan yang berada di Gunungkidul.

Tidak hanya laut selatan yang melegenda. Di sini juga terdapat Gua Langse. Gua ini sangat kental dengan cerita sejarah. Dulunya, gua ini sempat beberapa kali dikunjungi Presiden Soekarno dan Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Kini, Gua Langse kerap dijadikan salah satu objek wisata dengan lansekap lautan yang begitu memukau.

Gua Langse, menjadi salah satu tempat favorit di Yogyakarta di samping makam Raja-Raja Imogiri, Gua Cerme dan sederet tempat lain yang memiliki aura mistis.

Menurut cerita masyarakat setempat, Gua Langse menjadi favorit karena berkaitan erat dengan Legenda Nyai Roro Kidul, penguasa Laut Selatan.

Untuk menuju ke mulut gua, pengunjung harus melewati jalan setapak dengan lebar paling besar satu meter.

Selain itu, harus melewati tangga dari kayu, anak tangga dari batu kapur hingga akar-akar pepohonan yang banyak menjulur di kaki-kaki bukit. Tenaga ekstra dibutuhkan untuk turun dan naik tangga tersebut.

Dari batu Plawangan, pengunjung bisa menikmati hamparan luas laut selatan yang berwarna biru. Di sebelah barat terlihat indah Pantai Parangtritis yang terkenal karena menjadi Ikon wisata di Yogyakarta.

Gua Langse terletak di Girijati, Area Hutan, Giricahyo, Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk mencapai tempat ini Anda harus menempuh waktu sekitar satu jam atau memakan jarak tempuh 31 Kilometer dari pusat Kota Yogya.

Akses menuju lokasi terbilang ekstrem karena Anda harus berjalan kaki cukup jauh dari parkiran menuju lokasi. Selain itu, Anda akan melawati jalanan menanjak sambil menikmati pemandangan alam sekitar.

Editor : Vien Dimyati