Wisata Susur Sungai di Karst Tubing Surobayan, Suasananya Indah dan Asri

Vien Dimyati ยท Kamis, 15 Agustus 2019 - 12:35 WIB
Wisata Susur Sungai di Karst Tubing Surobayan, Suasananya Indah dan Asri

Serunya wisata susur sungai di Karst Tubing Surobayan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Mengisi liburan akhir pekan dengan berwisata memang menjadi aktivitas yang menyenangkan. Apalagi jika dilakukan bersama keluarga atau orang terdekat.

Jika Anda ingin mengunjungi lokasi wisata yang seru dan dan berkesan, tempat ini bisa menjadi referensi. Namanya Karst Tubing Surobayan. Letaknya di Dusun Surobayan, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Destinasi ini cocok untuk Anda yang ingin melepas penat dari aktivitas sehari-hari dan me-refresh kembali pikiran dari kejenuhan aktivitas kerja. Anda bisa datang bersama keluarga, rekan kerja, atau orang terdekat.

Karst Tubing sendiri merupakan objek wisata susur sungai secara bersama-sama. Anda akan menelusuri Sungai Konteng menggunakan ban sejauh sekitar satu kilometer.

Istimewanya selama mengarungi sungai, Anda akan disuguhi pemandangan tebing-tebing karst yang berasal dari lahar dingin yang sudah membeku. Namun jangan khawatir, tebing tersebut tidak berbahaya. Walaupun menabrak, Anda tidak akan merasa sakit karena mudah pecah ketika dihentak dengan keras. Selain dapat memacu adrenalin, harga yang ditawarkan juga ramah di kantong. Setiap pengunjung akan mendapatkan perlengkapan keamanan mulai dari helm, rompi, dan sepatu.

"Karst Tubing yang berada di Surobayan, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan wahana wisata air yang penuh keceriaan. Tubing di sungai dengan dinding batuan karst yang menawan. Ayo dolan ke sini. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul16.00 WIB. Tiket masuknya Rp30.000 per orang. Tag dan ajak teman kamu dolan ke sini, ya! Foto dolan dari @iketutwuri," tulis Instagram @ayodolan, Kamis (15/8/2019).

Lokasi Karst Tubing berada di sisi selatan Yogyakarta. Tepatnya di Jalan Wates kilometer 9,5. Sekitar 11 km dari Kota Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Berkunjung ke Karst Tubing tak hanya menikmati pesona alam bernuansa pedesaan dan menikmati indahnya jalur sungai. Terdapat pula beberapa spot menarik mulai dari spot foto, spot untuk loncat dari arah tebing, hingga tikungan yang cukup jeram. Anda dapat menyewa jasa foto atau video.

Selama menelusuri sungai, Anda akan disuguhi tiga titik destinasi. Pada tiap spot atau pemberhentian, pemandu akan menjelaskan tentang kondisi sungai.

Selain itu, diisi juga dengan permainan membentuk lingkaran dan melompat dari tebing setinggi dua meter. Berbeda dengan River Tubing yang biasanya memiliki trek lebar, Karst Tubing menawarkan trek lebih sempit dan unik karena sepanjang trek akan berbatasan langsung dengan tebing karst.

Pemandangan alami ini yang membuat Karst Tubing terlihat eksotis. Jarak tempuh pengarungan terbagi menjadi dua, jarak 900 meter dan 1,2 km. Kedalaman sungai pun bervariasi, mulai dari selutut hingga dua meter.


Editor : Tuty Ocktaviany