Wisata Unik di Yogyakarta, Menyusuri Sungai Bawah Tanah Gua Pindul

Vien Dimyati ยท Sabtu, 26 Januari 2019 - 10:00 WIB
Wisata Unik di Yogyakarta, Menyusuri Sungai Bawah Tanah Gua Pindul

Menyusuri Sungai Bawah Tanah Gua Pindul (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak destinasi wisata menarik di Yogyakarta untuk dijelajahi wisatawan. Mulai dari bangunan bersejarah seperti candi, pantai, air terjun, hingga desa wisata. Namun, jika traveler ingin merasakan sensasi berwisata yang unik dan berbeda dari yang lain. Cobalah untuk berkunjung ke Gua Pindung di Gunungkidul, Yogyakarta.

Berada di gua ini Anda akan merasakan sensasi menyusuri sungai di bawah tanah. Di dalam gua, akan terlihat keunikan bentuk dinding-dinding staklaktit dan stalagmit. Bahkan, salah satu stalaktit yang ebrada di tengah gua, tercatat sebagai stalaktit terbesar ke-4 di dunia.

"Mau ngerasain sensasi mengarungi sungai bawah tanah? Datang saja ke Goa Pindul! Goa Pindul adalah objek wisata berupa gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan paling menarik di Goa Pindul adalah cave tubing, menyusuri gua dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah. Kegiatan ini tentunya akan menjadikan petualangan wisatamu semakin tak terlupakan. Sensasinya mengasyikkan sekaligus menegangkan," tulis Instagram @Pesonaid_travel, dikutip Sabtu (26/1/2019).

Kegiatan menarik di dalam gua ini adalah menyusuri sungai yang memiliki air tenang. Tempat ini juga aman untuk dikunjungi wanita atau anak-anak. Selama perjalanan menyusuri sungai, Anda akan dipandu oleh guide profesional.

Objek wisata yang diberi nama Cave Tubing Pindul ini dapat dinikmati dengan peralatan khusus yaitu menggunakan ban dalam besar (tube) dan jaket pelampung.

Gua Pindul memiliki panjang kurang lebih 350 meter, penyusuran dapat ditempuh dengan waktu normal 40-60 menit. Lebar antar dinding rata-rata empat meter, ketinggian dari permukaan air dengan dinding atas sekitar lima meter dan kedalaman air sungai sekitar satu hingga 12 meter.

Dalam perjalananya, Anda akan menemukan satu zona sempit yang hanya dapat di lewati dengan 1 ban/tubing. Ini pula yang menjadi alasan Gua Pindul hanya dapat disusuri menggunakan ban, bukan sampan atau perahu karet.

Gua Pindul sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Namun, tidak ada satu bukti sejarah yang menjelaskan tentang keberadaan gua ini. Hanya saja, sejak dulu masyarakat setempat percaya gua ini merupakan area yang sakral. Gua Pindul terletak di dusun Gelaran 2, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten GunungKidul. Tepatnya di sebelah timur Kota Yogyakarta.

Editor : Vien Dimyati