Wishnutama Jadi Menteri yang Tertukar di Bali, Angela Tanoesoedibjo: Kaya Judul Sinetron

Vien Dimyati · Kamis, 18 Juni 2020 - 13:27:00 WIB
Wishnutama Jadi Menteri yang Tertukar di Bali, Angela Tanoesoedibjo: Kaya Judul Sinetron
Wishnutama kunjungan kerja di Bali (Foto : Kemenparekraf)

JAKARTA, iNews.id - Ada momen menarik ketika Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio melihat kesiapan Bali menyambut new normal. Saat itu, Wishnutama sedang mengunjungi Desa Guwang Sukawati, Bali. Wishnutama 'menjadi menteri yang tertukar'.

Ketika menyusuri jalan, ada seorang penjual lukisan yang mendekat rombongan untuk menyapa menteri. Pelukis tersebut tidak mengenal wajah menteri yang memakai masker, kemudian dia menyapa Direktur Utama Indonesia Tourisme Development Corporation Abdulbar Mansoer, sebagai menteri.

"Menteri Yang Tertukar. Saat dadakan mampir ke Desa Guwang, Sukawati melihat kondisi pariwisata bersama Dirut ITDC mas Barry @a_mansoer. Semoga segera bangkit kembali pariwisata kita. Aamiin YRA. Video dari FB Bli Kodo Guang Https://www.facebook.com/cok.putra.18/videos/4523585271000806/?d=n," tulis Instagram @Wishnutama dikutip Kamis (18/6/2020)

Saat itu, Wishnutama tampak berjalan di depan dan tidak dihiraukan seorang penjual lukisan bernama Kodo Guang. Si penjual ini justru menyapa Abdulbar yang berjalan di belakangnya.

"Selamat siang Pak Menteri, terima kasih telah mengunjungi desa pariwisata kami," ujar Kodo Guang sambil merekam ke arah Abdulbar.

Belum selesai dia bicara, Abdulbar menjelaskan jika Pak Menteri yang dimaksud berada di depannya, sambil menunjuk.

Hingga kemudian, penjual lukisan tersebut menyapa Wishnutama. "Mohon maaf Bapak Menteri. Beginilah keadaannya, sepi, dari bulan Maret tutup. Semoga cepat dibuka. Saya jualan lukisan di sini. Semoga pulih, kami orang Bali susah," kata dia.

Kemudian, Wishnutama menjelaskan agar pelaku ekonomi kreatif bersabar hingga pandemi berakhir dan pariwisata kembali dibuka.

"Kalau pariwisata dibuka lagi, nanti di toko harus ada jaga jarak ya," kata Wishnutama.

Video yang berdurasi 1.41 menit itu diunggah oleh Kodo Guang di Facebook dan diposting oleh Wishnutama di Instagramnya pada Rabu 17 Juni 2020. Video ini juga banyak mendapat respons dari netizen.

Termasuk salah satunya Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo. "Kaya judul sinetron," tulis Instagram @angelatanoesoedibjo.

Komentar Angela Tanoesoedibjo pun dibalas oleh Wishnutama agar Angela membuat kejadian 'menteri yang tertukar' menjadi sinetron. "@angelatanoesoedibjo, bikin dong mbak," tulis Wishnutama.

Saat kunjungan kerja ke Bali, Wishnutama mengapresiasi Pemprov Bali yang telah siap mengimplementasikan protokol kesehatan di wilayahnya, namun dia juga menekankan untuk protokol kesehatan harus dipersiapkan jauh hari agar dapat membangun kepercayaan publik untuk kembali berwisata di Pulau Dewata.

"Overall penyebaran Covid-19 di Bali ini relatif lebih rendah dibanding di tempat lain. Tapi sekali lagi yang perlu kita bangun di Bali adalah kepercayaan publik, kepercayaan dari wisatawan domestik maupun internasional. Itu yang perlu kita bangun karena bisnis pariwisata adalah bisnis kepercayaan," katanya.

Saat kunjungan kerja ke Bali, Menparekraf didampingi Gubernur Bali I Wayan Koster, Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), Kapolda Bali Irjen Pol Dr Petrus Reinhard Golose, Dirut ITDC Abdulbar M. Mansoer, Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita, berserta jajaran pimpinan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Editor : Vien Dimyati