Wonderful Noon Bandung, Cara Sederhana Jangkau Wisatawan Milenial
JAKARTA, iNews.id - Ada banyak cara yang dilakukan untuk mendatangkan wisatawan milenial untuk berwisata ke Tanah Air. Salah satunya dengan destinasi digital. Perkembangan industri digital era 4.0 saat ini membuat sektor pariwisata Indonesia harus bergerak mengikutinya. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) semakin aktif menerapkan pengembangan pariwisata atau tourism 4.0 untuk menjangkau wisatawan milenial.
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menegaskan, program "Go Digital" menjadi salah satu program strategis Kemenpar dalam upaya memenangkan pasar di era industri 4.0. Wisatawan milenial tercatat jumlahnya mencapai 50 persen dari keseluruhan wisman inbound ke Indonesia dengan proyeksi pertumbuhan berlipat.
Sebagai upaya menarik wisatawan milenial, Kementerian Pariwisata terus berpromosi melalui platform digital, diikuti dengan penguatan media sosial yang melibatkan para selebgram, blogger, youtuber, maupun industri pariwisata. Salah satunya melalui penyelenggaraan "Wonderful Noon" yang melibatkan kalangan akademisi, bisnis, pemerintah, komunitas, dan media (Pentahelix).
"Digitalisasi sudah menjadi hal yang tidak bisa lepas dari keseharian masyarakat. Kehadiran kaum milenial, terutama di media sosial sangat berpengaruh bagi perkembangan pariwisata Indonesia, yang bisa menjadi sarana promosi di mata dunia," kata Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara, Jumat 8 Maret 2019.
Ukus Kuswara menekankan pentingnya peran media digital bagi keberlangsungan pariwisata. Terlebih, aktivitas pariwisata yang berjalan kini banyak dilakukan oleh anak muda dengan memanfaatkan teknologi digital.