4 Makanan Khas Jakarta, Kerak Telor Paling Disukai karena Gurih

Rahma Sari ยท Senin, 15 Januari 2018 - 21:25:00 WIB
4 Makanan Khas Jakarta, Kerak Telor Paling Disukai karena Gurih
Wisata kuliner di kota tua (Foto: Youtube)

JAKARTA, iNews.id - Selain memiliki berbagai tempat wisata yang indah, Jakarta memiliki berbagai macam kuliner khas. Makanan seperti kerak telor, asinan betawi,  dan taoge goreng harus dicicipi jika berkunjung ke Jakarta.

Kerak telor memiliki rasa yang gurih dengan tekstur beras ketan yang legit. Anda dapat dengan mudah menjumpai penjual kerak telor diberbagai tempat wisata di Jakarta, seperti di Kota Tua. Tak hanya ada kerak telor, makanan khas Jakarta lainnya juga tersedia di Kota Tua. Ingin tahu apa saja? Berikut ulasannya, seperti dirangkum iNews.id, ketika berkunjung ke Kota Tua Jakarta, Senin (15/1/2018).

Kerak Telor

Jika mengunjungi Jakarta, Anda harus mencicipi kerak telor.Kerak telor memiliki rasa gurih dengan tekstur beras ketan yang legit. Kerak telor dibuat dari bahan dasar beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi kering, bawang goreng. Setelah itu, diberi bumbu halus dari campuran kelapa sangrai, cabe merah, garam, gula, merica, jahe, dan kencur. Tak sulit untuk menemukan penjual kerak telor, karena hampir di setiap tempat wisata di Jakarta menjual makanan ini. Satu kerak telor dijual seharga Rp20.000.

Asinan Betawi

Asinan Betawi berisikan sayur-sayuran, seperti sawi, kembang kol, taoge, selada, kacang tanah goreng, dan tahu putih. Lalu, asinan ditambahkan dengan kuah berupa bumbu kacang yang segar karena dicampur dengan cuka dan cabai. Lebih lengkap lagi, jika makan asinan dengan kerupuk mie kuning.
Rasa asinan yang segar ini sangat cocok dimakan saat siang hari. Penjual asinan dapat ditemukan di pinggir jalan dengan harga antara Rp10.000-Rp20.000.

Taoge Goreng

Taoge Goreng terbuat dari mie kuning, toge, dan daun kucai yang digoreng menggunakan air. Toge goreng dimakan bersama dengan lontong dan dicampurkan lagi dengan tauco dan oncom. Rasa asam manis yang dihasilkan dari tauco dan oncomnya sangat khas. Anda dapat menemukan penjual taoge goreng di pinggiran jalan atau saat festival-festival tertentu. Harga semangkuk taoge goreng Rp20.000.

Soto Betawi

Soto betawi menjadi makanan paling populer di Jakarta. Soto Betawi ini sangat khas dengan berbagai macam isi, seperti jeroan. Selain jeroan, ada juga organ-organ sapi lain, seperti mata, torpedo, dan hati. Anda dapat dengan mudah menemukan soto Betawi di rumah makan di pinggir jalan. Semangkuk soto Betawi dihargai sekitar Rp25.000.

Editor : Vien Dimyati