4 Setu di Depok yang Terkenal Instagramable, Nomor 2 Cocok untuk Anak-Anak

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 07 Juli 2020 - 20:17 WIB
4 Setu di Depok yang Terkenal Instagramable, Nomor 2 Cocok untuk Anak-Anak

Wisata di Danau Depok (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Sejak 1999, Depok memiliki total 26 danau atau setu berukuran besar dan kecil. Namun, hanya beberapa setu yang dijadikan taman rekreasi keluarga karena memiliki spot terbaik yang bisa dinikmati secara gratis.

Berada di taman rekreasi ini, Anda bisa mengajak keluarga refresing sejenak. Apalagi selama pandemi Covid-19, Anda tidak bisa ke mana-mana.

Usai pandemi Covid-19, tidak ada salahnya membawa keluarga menjelajahi objek wisata setu di Depok. Berikut adalah sejumlah setu di Depok yang memiliki spot Instagramable:

1. Setu / Danau UI

Universitas Indonesia (UI) sering dikunjungi warga untuk sekadar jalan-jalan sore menikmati pemandangan. pepohonan yang hijau dan masih asri. Selain hijaunya pepohonan, di kawasan Kampus UI Depok juga terdapat danau yang kerap jadi lokasi bersantai warga atau mahasiswa.

Banyak yang belum tahu jika UI memiliki enam danau sekaligus. Menariknya, keenam danau yang bernama Kenanga, Agathis, Mahoni, Puspa, Ulin, dan Salam, jika digabungkan huruf depannya membentuk kata KAMPUS.

Danau yang paling terkenal adalah danau Kenanga yang berada di dekat Balairung UI. Pengunjung boleh bermain-main di sekitar danau dengan syarat menjaga kebersihan dan tidak diperkenankan memancing.

Untuk menuju kawasan Kampus UI Depok, cukup menggunakan KRL Commuterline. Pengunjung dari arah Jakarta atau Bogor tinggal turun di Stasiun Universitas Indonesia, kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama 10 menit.

2. Setu Cilodong

Pemerintah Kota Depok menjadikan Setu Cilodong sebagai danau wisata seperti Setu Babakan. Terletak di Jalan Raya Abdul Gani, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Kota Depok ini menawarkan berbagai wahana bermain seperti waterball dan perahu bebek dengan tarif mulai Rp10.000 dan aera memancing.

Sambil menikmati suasana danau, pengunjung juga bisa sambil menikmati beragam jajanan rakyat yang banyak tersebar antara lain cilok, mi ayam gerobak, gorengan, bakso bakar, dan masih banyak lagi.

3. Situ Rawa Besar

Selain Setu Cilodong, satu lagi tempat yang dijadikan danau wisata oleh Pemerintah Kota Depok adalah Situ Rawa Besar, atau sering juga disebut Situ Lio. Tidak sulit menemukan danau ini.

Atraksi yang dapat dilakukan di danau itu antara lain memancing, foto selfie di jembatan Instagramable, atau sekadar bersantai menikmati suasana sore. Tak hanya itu, saat ini Setu Rawa Besar sudah dipercantik dengan adanya taman, jogging track, dan lain-lain.

4. Situ Jatijajar

Situ Jatijajar tampak asri karena dikelilingi deretan pohon jati, yang merupakan cikal bakal penamaan danau tersebut. Seperti setu lain, Setu Jatijajar menawarkan kegiatan menarik seperti memancing dan naik perahu bebek dengan tarif Rp10.000. Di sini, pengunjung juga dapat merasakan ketenteraman salat di Mushola Al-Karomah yang konon telah berdiri sejak zaman Belanda.

Editor : Vien Dimyati