5 Jajanan Tradisional Ini Masih Eksis di Pasar, Salah Satunya Ada yang Dibuat Kekinian

Vien Dimyati ยท Jumat, 31 Januari 2020 - 08:40:00 WIB
5 Jajanan Tradisional Ini Masih Eksis di Pasar, Salah Satunya Ada yang Dibuat Kekinian
Jajanan tradisional yang masih eksis (Foto : Instagram@rosarioguntur)

JAKARTA, iNews.id - Sebagai negara yang memiliki ragam budaya, Indonesia juga punya kuliner lezat dan enak. Meski ada banyak yang mulai punah dan sulit ditemui.

Tetapi tenang saja, Anda masih bisa menemukan beberapa deretan jajanan tradisional yang lainnya di pasar-pasar.

Jajanan tradisional yang tersisa ini, jangan sampai hilang tergerus dengan jajanan kekinian dan modern. Ada banyak jenis jajanan tradisional yang hingga kini masih eksis.

Jenisnya pun beragam, mulai dari yang rasanya manis hingga gurih. Ingin tahu apa saja jajanan tradisional yang hingga kini masih eksis? Berikut rangkumannya dikutip pada Jumat (31/1/2020).

 

Lopis

Jajanan yang satu ini memiliki banyak penggemar. Mirip Lontong, lopis terbuat dari ketan yang disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah cair. Lopis atau disebut lupis adalah makanan asli dari Jawa Tengah. Bentuk lupis dulunya segitiga namun karena terlalu sulit untuk dibungkus, akhirnya dibuat seperti lontong, bulat memanjang.

Klepon

Klepon adalah kue tradisional yang berbentuk bulat seperti onde-onde. Bedanya pada tekstur dan isi. Camilan tradisional ini dibuat dari tepung beras ketan yang dibentuk bulat seperti bola-bola kecil, diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Setelah matang, klepon ini dibalurkan dengan kelapa parut. Teksturnya kenyal. Ketika Anda menggigit klepon, cairan gula merahnya akan lumer di mulut.

Cucur

Jajanan yang satu ini sangat mudah dibuat. Cucur memiliki warna merah bata dengan rasa manis. Jajanan ini terbuat dari campuran gula aren dan tepung terigu yang digoreng. Bentuk kue cucur bulat, tebal di tengah dan tipis dipinggiran. Kue cucur cocok dimakan ketika sore hari disandingkan dengan teh manis.

Onde-Onde

Jajanan yang satu ini hingga kini masih eksis. Anda masih menjumpainya di pasar dan pinggir jalan bersama gerobak gorengan. Onde-onde berbentuk bulat dengan taburan wijen putih di atasnya. Onde-onde merupakan makanan tradisional dari ketan dan tepung terigu yang diisi kacang hijau lalu digoreng.

Serabi

Serabi atau surabi merupakan jajanan pasar tradisional sejenis kue dadar mirip kue cucur yang terbuat dari tepung beras, santan, dan kelapa parut. Meski ini adalah jajanan tradisional, ada banyak orang yang mengkreasikan serabi menjadi jajanan kekinian. Serabi kekinian biasa diberi toping cokelat, keju, dan lainnya.

Editor : Vien Dimyati