5 Kuliner Enak Khas Solo, Sate Buntel Jadi Favorit Presiden Jokowi

Rahma Sari ยท Kamis, 25 Januari 2018 - 16:01 WIB
5 Kuliner Enak Khas Solo, Sate Buntel Jadi Favorit Presiden Jokowi

Kuliner khas Solo (Foto: Nible)

JAKARTA, iNews.id - Bagi Anda pencinta kuliner, Solo menjadi kota yang harus dikunjungi. Tak hanya memiliki wisata alam dan sejarah, Kota Solo juga memiliki kuliner tradisional yang lezat. Salah satunya, sate buntel yang menjadi favorit Presiden RI Joko Widodo.

Makanan dan minuman khas solo sangat enak dengan rasa gurih dan nikmat. Coba saja cicipi selat solo, tengkleng, dan sate buntel saat Anda berkunjung ke Solo.

Sate buntel sama seperti sate pada umumnya yang dibakar menggunakan bahan dasar daging kambing. Namun, sesuai namanya buntel yang berarti bungkus, daging kambing tersebut dibungkus dengan lemak kambing.

Presiden Joko Widodo bahkan sangat menyukai kuliner sate buntel ini. Ingin tahu, kuliner tradisional apa saja yang ada di Solo dan harus dicoba? Berikut rangkuman iNews.id, Kamis (25/1/2018).

Selat Solo

Selat Solo menggunakan bahan utama daging sapi yang diiris tipis dan dimasak dengan cara dijemur. Selain daging, ada tambahan lainnya seperti putih telur rebus, kentang, buncis dan wortel, lalu disiram dengan kuah berwarna kecoklatan.  Kata “selat” merupakan lafal Jawa dari kata “slaatje” yaitu bahasa Belanda dari “salad”.

Timlo Solo

Sup yang dilengkapi dengan daging ayam, ati ampela ayam, sosis goreng khas Solo dan telur pindang sangat nikmat jika dimakan saat hangat. Sosis goreng Solo terbuat dari kulit lumpia atau risoles yang dilipat, seperti martabak. Lalu, diisi dengan suwiran daging ayam atau sosis, kemudian dipotong kecil-kecil. Sosis inilah yang menjadi ciri khas Timlo Solo.

Tahu Kupat

Tahu Kupat dibuat dengan campuran ketupat, mie basah, taoge, tahu goreng, dan bakwan goreng yang dipotong kecil-kecil. Lalu, ditambah dengan taburan kacang goreng. Bahan tersebut kemudian dicampur dengan bumbu kecap manis encer. Akan tambah nikmat jika Anda menambahkan telur dadar dan kerupuk.

Tengkleng

Tengkleng menggunakan bahan utama daging dan tulang kambing dengan kuah yang encer. Jika Anda ingin mencoba tengkleng, mampir ke rumah makan Tengkleng Bu Edi, yang terkenal di Pasar Klewer Jl. Radjiman, Surakarta.

Sate Buntel

Buntel dalam bahasa Jawa berarti bungkus. Sate buntel ini menggunakan bahan dasar daging kambing cincang yang dibungkus lemak kambing lalu di bakar. Tempat makan sate buntel yang enak adalah sate buntel Mbok Galah yang berada di Jalan Mangun Sarjono, Banyuanyar. Selain itu, ada juga warung Sate Bu Hj Bejo yang menjadi tempat favorit Presiden Joko Widodo ketika makan sate buntel.

Editor : Vien Dimyati