5 Minuman Ini Ternyata Punya Manfaat Sehat yang Tidak Banyak Orang Tahu

Siska Permata Sari ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 21:55 WIB
5 Minuman Ini Ternyata Punya Manfaat Sehat yang Tidak Banyak Orang Tahu

Sampanye yang dapat meningkatkan kinerja memori Anda. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Minuman beralkohol telah lama mempunyai citra yang buruk bagi kesehatan. Tetapi itu bisa lain cerita jika Anda meminumnya dengan moderat, dalam artian sesuai takaran yang benar dan tentunya tidak berlebihan.

Sebab, beberapa jenis minuman alkohol ternyata memiliki manfaat kesehatan yang jarang diketahui. Berikut ada lima jenis minuman alkohol yang dijuluki ‘paling sehat’. Apa saja? Mari simak informasi selengkapnya seperti dirangkum dari Insider, Selasa (24/3/2020).

1. Tequila

Di urutan pertama ada tequila yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan mengandung lebih rendah kalori daripada vodka. Agavins, gula alami yang ditemukan dalam tequila, tidak dapat dicerna dan dapat bertindak sebagai serat sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah Anda. Selain itu, gula tersebut juga terbukti membantu menurunkan kolesterol dan dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

2. Red wine

Sudah bukan rahasia lagi bahwa red wine memiliki beberapa manfaat kesehatan yang fantastis. Senyawa aktif dalam anggur merah seperti polifenol, resveratrol, dan quercetin telah terbukti meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Selain itu, penelitian yang dilakukan di Universitas Massachusetts Amherst menemukan bahwa anggur merah membantu memperlambat proses glukosa yang mengenai aliran darah sehingga mampu menghentikan lonjakan insulin.

3. Rum

Rum bukanlah minuman keras yang populer, tetapi minuma alkohol satu ini dapat mempunyai manfaat kesehatan. Terbuat dari molase dan produk sampingan tebu lainnya, rum telah terbukti meningkatkan kesehatan mental dalam banyak hal. Dalam jumlah sedang, porsi standar dapat mengurangi kecemasan.

4. Wiski

Satu porsi wiski mengandung antioksidan sebanyak segelas anggur. Cobalah minum wiski sebagai alasan untuk ‘melawan atau mencegah flu’. Tak hanya itu, wiski juga mengandung asam ellagic, yang dikenal untuk melawan kanker dengan menyerap sel-sel jahat.

5. Champagne

Di urutan terakhir ada champagne atau sampanye yang dapat meningkatkan kinerja memori Anda. Selain itu, champagne dapat membantu meningkatkan kualitas kulit Anda dengan menggunakannya sekaligus sebagai toner.


Editor : Tuty Ocktaviany