5 Pilihan Minuman Hangat saat Musim Hujan, Ada yang Tradisional dan Kekinian

Vien Dimyati ยท Jumat, 03 Januari 2020 - 15:32 WIB
5 Pilihan Minuman Hangat saat Musim Hujan, Ada yang Tradisional dan Kekinian

Minuman penghangat di musim hujan (Foto : Seriuous Eats)

JAKARTA, iNews.id - Memasuki musim hujan, cuaca memang agak terasa lebih dingin. Pastinya, Anda butuh makanan dan minuman yang membuat tubuh hangat. Mulai dari teh manis hingga minuman jahe bisa menjadi alternatif.

Anda bisa menyiapkan sendiri di rumah atau membelinya di warung. Minuman hangat dan menyehatkan ini juga bisa membuat tubuh sehat.

Anda bisa membuat minuman tradisional atau kekinian. Ingin tahu apa saja minuman hangat tersebut? Berikut ulasannnya dirangkum, Jumat (3/1/2020).

Wedang Uwuh

Minuman ini berasal dari Yogyakarta. Meski penampilannya mirip bir pletok, Wedang Uwuh disajikan tanpa disaring. Dinamakan Wedang Uwuh karena dalam campuran minuman ini terdapat rempah-rempah daun dan batangan yang disajikan dalam gelas. Penampilannya ini tampak seperti uwuh (sampah).

Wedang Jahe

Minuman yang satu ini sangat populer disajikan saat musim dingin. Berbeda dengan wedang lain, minuman ini hanya memerlukan bahan utama jahe dan gula merah. Terserah Anda mau menggunakan jahe merah atau putih.

Angsle

Menu yang satu ini merupakan minuman tradisional khas Malang. Biasanya dijual pada malam hari. Angsle memiliki isian ketan, kacang hijau, putu mayang, potongan roti, mutiara, dan pacar cina. Kuahnya terbuat dari santan yang sudah direbus bersama pandan dan vanili. Kadang ditambahkan jahe.

Cokelat Mint

Minuman ini juga bisa menjadi alternatif untuk menghangatkan tubuh. Anda hanya membuthkan bahan-bahan seperti susu, krim, cokelat, ekstrak peppermint, ekstrak vanila. Semuanya itu bisa Anda rebus jadi satu hingga mendidih dan siap menghangatkan tubuh.

Apple Cider

Minuman hangat yang satu ini terbuat dari sari buah apel. Apple cider adalah minuman yang dibuat dari hasil fermentasi sari buah apel. Untuk menghangatkan tubuh, apple cider bisa dibuat hangat-hangat. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat minuman hangat ini adalah jus apel tanpa bahan pemanis, jus cranberry, jus jeruk, jus lemon dan potongan buah apel. Setelah semua bahan terkumpul, baru campurlah semua bahan tersebut. Apple Cider siap disantap.

Editor : Vien Dimyati