5 Sajian Ini Bikin Mood Jadi Rusak, Salah Satunya Kentang Goreng

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 10:05:00 WIB
5 Sajian Ini Bikin Mood Jadi Rusak, Salah Satunya Kentang Goreng
Makanan yang membuat mood rusak (Foto : Timesofindia)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu faktor agar menciptakan mood yang bagus adalah dengan mengonsumsi makanan kesukaan. Alih-alih meningkatkan suasana hati jadi senang, beberapa makanan ini justru bikin mood jadi rusak.

Lantas, apa saja makanan-makanan tersebut? Berikut iNews.id berikan ulasannya dirangkum, Selasa (30/6/2020).

1. Soda

Minuman ini terkenal dengan komposisi pemanis buatan yang berlebih. Rasanya memang enak saat diminum, tapi bisa menyebabkan lonjakan gula darah diikuti rasa lelah. Pemanis buatan seperti aspartam sering dikaitkan dengan kecemasan dan depresi.

2. Alkohol

Alkohol diklaim dapat meningkatkan suasana hati apabila dikonsumsi dengan takaran yang sesuai. Namun, jika konsumsi secara berlebihan, dapat memperburuk suasana hati, bahkan merusak syaraf otak sehingga timbul istilah 'mabuk'.

3. Kafein

Minuman berkafein atau kopi, dapat membantu melepaskan hormon dopamin dan serotonin yang menimbulkan perasaan senang. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, kerap mengakibatkan iritabilitas, agitasi, dan kecemasan. Disarankan untuk minum kopi tak lebih dari empat cangkir per hari.

4. Kentang goreng

Siapa yang tak suka dengan kentang goreng. Kudapan satu ini menjadi camilan yang selalu tepat dalam setiap suasana. Namun, kentang goreng yang penuh dengan kandungan lemak jenuh, karbohidrat olahan, dan garam berlebih, bisa meningkatkan kadar glukosa darah.

5. Makanan olahan

Tak banyak orang yang tahu, mengonsumsi makanan olahan seperti keripik, nugget, sosis, dan makanan olahan lain dapat memperburuk suasana hati. Makanan-makanan itu mengandung gula rafinasi, lemak jenuh, dan pengawet dalam jumlah yang besar. Bahan-bahan tersebut diklaim memicu kelelahan dan berkurangnya motivasi.


Editor : Vien Dimyati