5 Wisata Kuliner Terenak di Yogyakarta, Ada Jenang Legendaris hingga Mi Kekinian

Vien Dimyati ยท Rabu, 09 Oktober 2019 - 12:31 WIB
5 Wisata Kuliner Terenak di Yogyakarta, Ada Jenang Legendaris hingga Mi Kekinian

Kelezatan kuliner Yogyakarta (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Sesuai dengan namanya, Yogyakarta memang istimewa. Mulai dari destinasi wisata, budaya, hingga kuliner, dapat memanjakan wisatawan.

Hampir di setiap sudut Yogyakarta memiliki keunikan tersendiri. Bahkan, kota ini memiliki berbagai macam kuliner lezat untuk dicicipi.

Penasaran apa saja kuliner lezat yang bisa Anda cicipi ketika travelling ke Yogyakarta? Berikut ulasan rangkuman yang dikutip Rabu (9/10/2019).

Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Gudeg legendaris ini merupakan racikan Mbah Lindu. Mbok Lindu telah berjualan gudeg sejak 1940 dan hingga hari ini masih memasak sendiri gudegnya. Jangan heran kalau antreannya panjang. Lokasinya berada di Jalan Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Buka sejak pukul 05.00 WIB - 11.00 WIB.

Sate Klatak Pak Bari

Sate ini memiliki rasa yang unik dan lezat. Jika biasanya sate ditusuk menggunakan tusuk kayu. Sate Klatak menggunakan besi jeruji sepeda. Dagingnya gurih dan empuk. Lokasinya di Pasar Wonokromo Jl. Imogiri Timur Km 10 Pleret, Bantul. Buka pukul 19.00 WIB - 02.00 WIB.

Mie Telap 12

Jika Anda ingin mencari kuliner kekinian. Cobalah untuk berkunjung ke kafe Mie Telap 12. Kafe ini menyajikan aneka mi instant dengan rasa yang lezat. Di sini, Anda dapat menyantap mi instant yang disajikan persis seperti yang terlihat dibungkusnya. Misalnya, mi rendang. Anda akan mendapatkan mi instant dengan daging rendang dan toping yang mirip seperti di bungkus. Lokasinya di Jalan Pandean 10B, Yogyakarta.

Soto Sampah

Kuliner ini terdapat di utara Tugu Yogyakarta, tepatnya di pasar Kranggan. Soto satu ini sudah cukup terkenal, selain namanya yang unik, kuliner ini juga memiliki citarasa lezat. Kebanyakan yang datang berkunjung ke Soto Sampah adalah anak muda. Soto Sampah ini buka dari jam 07.00 WIB hingga 03.00 WIB. Harganya murah meriah.

Jenang Bu Gesti

Kuliner legendaris yang satu ini bisa ditemukan saat pagi hari. Anda bisa mampir ke pasar Lempuyangan. Anda akan menemukan jenang Bu Gesti. Menurut cerita, kuliner ini dijual sudah sampai generasi ketiga dan menjadi langganan Keraton. Sajiannya berupa jenang candil atau lebih dikenal dengan bubur biji salak, serta ada toping bubur sumsum dan jenang mutiara. Harga untuk satu Jenang Bu Gesti ini cuma Rp4.000.


Editor : Vien Dimyati