8 Tips Sederhana Cegah Penyebaran Covid-19 di Dapur Rumah

Vien Dimyati ยท Rabu, 29 April 2020 - 18:05 WIB
8 Tips Sederhana Cegah Penyebaran Covid-19 di Dapur Rumah

Mencegah penyebaran Covid-19 di dapur (Foto : FoodNDTV)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak cara untuk mencegah penyebaran Covid-19 atau Corona di dalam rumah. Anda bisa membersihkan dengan sabun atau deterjen, hingga cairan khusus untuk penghilang bakteri.

Menjaga kebersihan rumah dari Coronavirus memang harus dilakukan. Apalagi Covid-19 telah menyerang jutaan orang di seluruh dunia, dan jika Anda tidak berhati-hati dengan kebersihan, maka berisiko tertular.

Tidak hanya membersihkan ruangan tamu atau kamar. Bagian dapur juga sangat penting dan paling utama.

Untuk melindungi diri dari infeksi penularan Covid-19, berikut adalah langkah-langkah penting yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan dapur rumah.

Berikut ulasannya seperti dikutip melalui FoodNDTV, Rabu (29/4/2020).

Rak Dapur

Pastikan rak dapur Anda bersih. Ruang pada rak harus bersih. Singkirkan barang yang tidak digunakan dan tidak diinginkan.

Masak Sederhana

Cobalah memasak di rumah, pilih menu yang mudah dimasak dan siapkan makanan di rumah. Jika Anda tidak bisa memasak sesuatu yang menarik setiap hari. Cukup Masak nasi dan tumis sayuran. Bahkan semangkuk buah-buahan dan yogurt segar bisa menjadi pilihan yang baik.

Cuci Tangan

Cuci tangan Anda dengan benar sebelum menyentuh atau menyiapkan makanan apa pun.

Masak Makanan dengan Benar

Masak makanan Anda dengan benar. Penting untuk memastikan makanan Anda dimasak dengan benar. Jika tidak dimasak maka bakteri berbahaya dapat menyebabkan keracunan makanan. Tutup wadah makanan dengan tutupnya saat memasak untuk menghindari kehilangan vitamin-vitamin esensial tersebut.

Bersihkan Meja

Bersihkan meja. Ini adalah hal sederhana yang bisa membantu menghentikan penyebaran virus.

Ganti Papan Talenan

Hindari kontaminasi silang. Gunakan papan yang berbeda untuk memotong ikan, sayuran dan roti. Jangan pernah meninggalkan makanan yang bisa dimakan di sebelah daging mentah.

Tempat Sampah

Makanan bekas di tempat sampah dapat terurai dan bakteri dapat berkembang di dalamnya. Untuk menghindari, kosongkan tempat sampah setiap hari.

Kulkas Bersih

Jaga kulkas dan wastafel tetap bersih. Gosok wastafel dari waktu ke waktu. Singkirkan genangan air atau tumpahan di wastafel dan handuk dapur.

Editor : Vien Dimyati