Bioskop di Prancis Siap Dibuka Pekan Depan, Indonesia Masih Tunggu Prosedur

Riyandy Aristyo ยท Senin, 08 Juni 2020 - 14:30 WIB
Bioskop di Prancis Siap Dibuka Pekan Depan, Indonesia Masih Tunggu Prosedur

Prancis bersiap membuka bioskop (Foto : Deadline)

PARIS, iNews.id - Pelonggaran lockdown di Prancis, membuat sejumlah bioskop sudah bisa beroperasi kembali. Pemerintah Prancis hanya mengizinkan 50 persen pengunjung dari kapasitas maksimal biskop.

Dikutip dari Deadline, Senin (8/6/2020), Perdana Menteri Perancis, Édouard Philippe mengatakan, bioskop-bioskop tersebut sudah bisa dibuka pada 22 Juni mendatang. Namun, pengumuman itu justru mendapat penolakan dari para pengusaha bioskop di Prancis.

"Hampir semua pengelola bioskop menginginkan agar bioskop buka pada Juli saja, kalau bioskop buka di bulan Juni, kami belum siap karena tidak akan stok film untuk ditampilkan selama minggu pertama peluncuran kembali," kata Direktur CGR Cinemas Prancis, Jocelyn Bouyssy.

Menurut Jocelyn, jika buka di bulan Juli, mereka akan merilis film-film calon Box Office seperti 'Mulan' hingga 'SpongeBob Movie: Sponge on the Run' untuk menarik para pengunjung.

"Ini adalah berita bagus, kami bisa buka lagi pada 22 Juni, meskipun itu membuat kami memiliki waktu yang lebih sedikit dari yang kami kira. Tetapi kami benar-benar perlu mengetahui kondisi yang akan terjadi," ujarnya.

Prancis sendiri punya lebih dari 2.000 bioskop dan termasuk salah satu pasar film terbesar di benua Eropa. Pada tahun 2019 silam, Prancis mencatatkan rekor dengan 213 juta penjualan tiket selama rentang tahun tersebut.

Sementara di Indonesia, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, rencananya bioskop, studio rekaman dan rumah produksi film baru boleh dibuka pada fase II. Tapi, waktunya belum ditentukan.

"Rencananya (bioskop dibuka) di fase II. Tapi waktunya masih belum tahu kapan. Kita menunggu evaluasi dari fase I dulu," kata Anies Baswedan dalam siaran YouTube Pemprov DKI beberapa waktu lalu.

Editor : Vien Dimyati