Bukan Luwak, Ternyata Ini Kopi Paling Langka dan Mahal di Dunia

Diana Rafikasari ยท Rabu, 03 Maret 2021 - 11:31:00 WIB
Bukan Luwak, Ternyata Ini Kopi Paling Langka dan Mahal di Dunia
Kopi paling mahal di dunia (Foto: Review cafe)

JAKARTA, iNews.id - Bagi penggemar kopi, tentu sudah banyak mengenal varietas kopi yang enak dan nikmat. Bahkan, ada satu varietas kopi yang sangat langka dan mahal di dunia. Kopi tersebut bernama Burung Jacu.

Kopi Burung Jacu adalah salah satu varietas kopi paling langka dan termahal di dunia. Kopi ini terbuat dari buah kopi yang dicerna dan dikeluarkan oleh burung jacu.

Dengan luas sekitar 50 hektare, Camocim Estate adalah salah satu perkebunan kopi terkecil di Brasil, tetapi masih berhasil meraup untung yang cukup besar berkat jenis kopi yang sangat unik dan banyak dicari. Semuanya dimulai pada awal 2000-an, ketika Henrique Sloper de Araujo menemukan perkebunannya telah dipenuhi oleh burung jacu, spesies burung yang terancam punah dan dilindungi di Brasil.

Burung ini tidak dikenal sebagai penggemar ceri kopi, tetapi mereka menyukai kopi organik de Araujo. Pada awalnya, Sloper sangat ingin mengusir burung-burung itu dari perkebunannya, dan bahkan menelepon polisi lingkungan, tetapi tidak ada yang bisa dilakukan siapapun untuk membantu. Burung itu dilindungi undang-undang, jadi Sloper tidak bisa menyakiti dengan cara apapun.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2