Cabai Bikin Masakan Jadi lezat, Kenali Manfaatnya untuk Kesehatan

Okezone.com ยท Sabtu, 27 Juni 2020 - 21:27 WIB
Cabai Bikin Masakan Jadi lezat, Kenali Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengenal manfaat cabai (Foto : Pen Today)

JAKARTA, iNews.id - Bumbu yang satu ini terbilang penting untuk ditambahkan ke dalam masakan. Selain memiliki rasa yang pedas, cabai juga bisa menjadi bumbu tabur.

Namun sejatinya cabai bukan hanya untuk bumbu masak. Cabai juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja?

1. Mengurangi peradangan

Capsaicin di dalam cabai mengandung Neuropeptida yang terkait dengan proses inflamasi. Perubahan cabai terkait dalam protein plasma telah dilaporkan pada pasien dengan penyakit auto-inflamasi seperti rheumatoid dan arthritis.

Asupan cabai secara teratur dapat membantu meminimalkan efek penyakit ini pada tubuh. Capsaicin juga berfungsi sebagai pereda nyeri yang efektif tanpa efek mati rasa yang biasanya dikaitkan dengan anestesi.

2. Melancarkan saluran pernapasan

Cabai sangat bagus, cepat dan efektif memperlancar saluran hidung Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk bernapas lebih mudah. Meski demikian, Anda mungkin akan terengah-engah setelah mendapatkan efek ini ketika cuaca sedang panas. Makanya tak heran, usai mengonsumsi sup pedas saat flu, saluran pernapasan kita lebih lancar ya.

3. Menurunkan kadar gula darah

Mengonsumsi cabai memiliki dampak yang sangat positif pada orang-orang yang kelebihan berat badan atau menderita diabetes. Tim peneliti di The University of Tasmania, yang menerbitkan American Journal of Clinical Nutrition, pada bulan Juli 2006, menemukan bahwa makan cabai dapat membantu mengontrol kadar insulin secara signifikan setelah makan.

4. Menjaga kesehatan hati

Cabai dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan bertindak sebagai pengencer darah untuk membantu melindungi manusia terhadap stroke. Mengonsumsi makanan dengan cabai setiap hari akan bermanfaat bagi kesehatan hati Anda.

Editor : Vien Dimyati