Cara Membuat Jamu Beras Kencur, Minuman Sehat Perkuat Imun di Tengah Pandemi

Vien Dimyati ยท Kamis, 24 September 2020 - 13:45 WIB
Cara Membuat Jamu Beras Kencur, Minuman Sehat Perkuat Imun di Tengah Pandemi

Mencicipi jamu beras kencur (Foto: Instagram @chintamaria28)

JAKARTA, iNews.id - Memilih makanan dan minuman sehat selama masa pandemi menjadi pilihan tepat. Jika Anda sudah memenuhi makanan sehat, jangan lewatkan untuk mengonsumsi minuman yang dapat memperkuat kekebalan tubuh selama masa pandemi Covid-19.

Salah satu minuman yang bisa direkomendasikan adalah jamu. Jamu merupakan minuman tradisional di Indonesia sejak dulu. Masyarakat banyak yang percaya pada khasiat jamu untuk menjaga kesehatan.

Kali ini Anda bisa memilih jamu beras kencur. Sudah menjadi ramuan turun temurun jika kencur dikenal sebagai bumbu dapur yang memiliki aroma cukup kuat. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, kencur juga dikenal sebagai obat tradisional.

Banyak manfaat yang dapat dirasakan dari tanaman kencur, seperti membuat pernapasan lega dan mengurangi gejala batuk.

Kali ini, Anda bisa memanfaatkan kencur untuk dijadikan minuman sehat. Untuk membuat jamu beras kencur juga tidak terlalu sulit.

Tertarik membuat jamu beras kencur? Berikut ulasan membuatnya dikutip melalui Instagram @chintamaria28, Kamis (24/9/2020).

Bahan :

250 gram kunir / kunyit segar
150 gram gula Jawa
20 biji buah asem Jawa
700 ml air

Cara Membuat :

1. Cuci bersih kunir/kunyit lalu kupas dan parut. Tambahkan 700 ml air kemudian remas-remas dan tuang ke dalam panci. Tambahkan air asam, gula Jawa, lalu rebus sampai mendidih.
2. Setelah mendidih, matikan kompor.
Kunir asem kental dan segar siap dinikmati. Bisa dinikmati selagi hangat atau dingin. Selamat mencoba.

Editor : Vien Dimyati