Deretan Makanan Sehat Ini Bakal Menjadi Tren di 2020

Siska Permata Sari ยท Senin, 06 Januari 2020 - 23:52 WIB
Deretan Makanan Sehat Ini Bakal Menjadi Tren di 2020

Sayuran hijau dan makanan organik bakal menjadi tren di 2020. (Foto: WebMD)

JAKARTA, iNews.id - Tahun telah berganti, begitu pula dengan tren di segala sektor, termasuk kuliner. Menariknya di 2020 ini, kabarnya makanan sehat seperti buah-buahan unik atau sayuran menjadi tren yang diminati banyak orang.

Menurut peneliti Jeanette Mellinger, makanan-makanan sehat banyak diminati belakangan ini. Misalnya saja seperti kubis, sayur kol, buah, dan oatmilk.

"Selama setahun terakhir, kami telah melihat betapa pentingnya bagi orang untuk merasa baik dengan apa yang mereka makan. Dalam hal ini, mendorong peningkatan yang lebih besar untuk mengonsumsi makanan yang sadar sosial dan sadar kesehatan," kata Mellinger, seperti dikutip dari Business Insider, Senin (6/1/2020).

Berikut lima daftar makanan sehat yang diprediksi menjadi tren di tahun ini:

1. Buah belimbing

Di zaman milenial dan media sosial seperti Instagram, makanan yang bagus secara estetika dapat meningkat popularitasnya dengan sangat cepat. Buah belimbing yang berwarna kuning atau oranye cerah, tidak hanya menghasilkan gambar yang kece di media sosial, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat.

Pasalnya, belimbing mengandung kalori yang rendah, menjadi sumber serat dan memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik, dan telah terbukti mengurangi risiko penimbunan lemak dan kolesterol.

2. Tinta cumi

Kita mungkin pernah mendengar atau mencicipi tumis cumi-cumi yang dimasak sekaligus bersama tintanya. Nah, di tahun 2020, akan lebih banyak lagi variasi makanan dengan tinta cumi. Misalnya, pasta atau roti isi. Selain lezat dan unik, tinta cumi juga memiliki manfaat kesehatan yakni dapat mengurangi tekanan darah.

3. Sayuran hijau dan makanan organik

Makanan sehat dan produk organik seperti kangkung dan kol diperkirakan popularitasnya meningkat di 2020. Menurut Market Watch, pasar makanan kesehatan dan kebugaran diperkirakan akan melihat tingkat pertumbuhan 5,7 persen sejak sekarang hingga 2024.

4. Jahe

Jahe dikenal memiliki sejumlah manfaat kesehatan, karena itu jahe menjadi sangat populer belakangan ini. Menurut sebuah laporan dari Transparency Market Research, pasar global jahe diperkirakan mengalami tingkat pertumbuhan 6,5 persen dari 2017 hingga 2022. Jahe juga dapat dibuat variasi makanan dan minuman yang lezat dan menghangatkan di musim hujan seperti sekarang.

5. Oatmilk

Oatmilk atau susu gandum menjadi pilihan atau alternatif lain bagi Anda yang suka susu, tetapi ingin beralih untuk mengonsumsi non-susu atau produk dari hewan ternak. Menurut Marketplace 2019, penjualan susu gandum di AS meroket menjadi 29 juta dolar AS, naik dari 4,4 juta dolar AS pada 2017. Selain itu, oatmilk memiliki manfaat kesehatan seperti menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan tulang, dan otot.


Editor : Tuty Ocktaviany