Dukung Industri Kreatif, Minuman Botol Ini Terlihat Unik dengan Desain Komik

Vien Dimyati ยท Minggu, 27 Oktober 2019 - 09:42 WIB
Dukung Industri Kreatif, Minuman Botol Ini Terlihat Unik dengan Desain Komik

Ada desain komik di minuman kemasan botol teh (Foto : Ist)

JAKARTA, iNews.id - Menikmati komik di Webtoon mungkin sudah biasa. Jika Anda ingin membaca komik dengan cara berbeda, coba cara yang satu ini. Ya, Anda bisa membaca komik sambil menyeruput kesegaran teh bercita rasa tinggi sambil membaca komik di kemasan botol.

Tidak tanggung-tanggung, deretan desain komik yang tersaji di kemasan botol teh ini merupakan karya komikus ternama Indonesia seperti Abenk (Hardthirteen), Darbotz, Ian Permana (Iannocent), Gandhi Eka (Supergunz), Angga Tantama, Muhammad Misrad (Mice), Raden Fajar Hadria Putra (Ghosty’s Comic), Muchlis Fachri (Muklay), Elfan Deniharza (Elfandiary), Erwin Indrawan (Eindraw), Herzven Herlambang (Herzven), dan Erica Hestu Wahyuni.

Para seniman desain grafis ini berkolaborasi dengan Teh Gelas dalam rangka mendukung industri kreatif di Indonesia.

Harianus Zebua selaku Head of Corporate and Marketing Communication OT Group mengatakan, melihat perkembangan positif industri kreatif di Indonesia, Teh Gelas, salah satu merek minuman teh dalam kemasan perusahaan FMCG nasional, OT Group, menjalankan kampanye bertajuk 'Coolabs', cool collaboration, sebagai bentuk dukungan terhadap industri kreatif nasional, khususnya di bidang seni grafis kontemporer.

Bahkan, berdasarkan data yang dihimpun oleh World Conference Creative Economy pada tahun 2018, kontribusi industri kreatif terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia adalah sebesar 7,3 persen atau setara dengan Rp852 triliun selama 3 tahun terakhir, dan telah menyerap hampir 16 juta pekerja.

“Sebagai bentuk kepedulian Teh Gelas terhadap Industri kreatif nasional, Teh Gelas berkolaborasi dengan 12 artis grafis kontemporer Indonesia yang karya-karyanya sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia bahkan sampai ke mancanegara. Para artis ini diberi kebebasan untuk mengekspresikan karya terbaik pada bidang kemasan produk Teh Gelas. Mereka bisa menuangkan gagasan dalam bentuk visual menarik dan unik, sembari menyampaikan pesan-pesan positif melalui karya-karya spektakuler tersebut. Ini merupakan kolaborasi terbesar pertama di Indonesia antara brand dengan artis-artis grafis kontemporer kenamaan dan kebanggaan Indonesia. Kami sangat bangga berkolaborasi dengan orang-orang idealis dan bertalenta luar biasa ini,” kata Harianus Zebua, di sela-sela peluncuran kampanye “Teh Gelas Coolabs”, di Mal Lippo Kemang Village, Jakarta, belum lama ini.

Sementara itu, Fajar Hadria Putra selaku Content Creator Ghosty's Comic mengatakan, membuat komik di kemasan botol menjadi pengalaman unik baginya. Jika biasanya dia membuat komik melalui media sosial dan Webtoon, kini dia lebih ekspresif membuat di kemasan botol.

"Ini menjadi hal baru dan unik, karena industri komik dijadikan packaging. Jadi saya bisa ekspresi di media ini," katanya.

Fajar Hadria menambahkan, meski ini kolaborasi, dia tetap diberikan kebebasan untuk bercerita apa saja. Dalam desain yang dia buat adalah tentang harmoni dalam konflik.

"Saya menceritakan konflik antara minuman Teh Gelas tetapi dalam bentuk botol. Ternyata, di balik orang yang sedang bingung terdapat cita rasa teh gelas segar dan manis alami," kata Fajar.

Tak hanya berkreasi di kemasan botol, media sosial, hingga Webtoon. Fajar memiliki cita-cita ingin Membuat komik dalam bentuk grafiti. "Karena selama ini bentuk grafiti kebanyakan abstrak, tersirat penuh cerita. Saya ingin mural dan membuat komik scrip di dinding," kata Fajar.

Desain karya artis-artis ini sudah dapat dibeli dan dikoleksi oleh masyarakat di toko-toko modern retail seperti hypermarket, supermarket dan mini market. Selain diaplikasikan di kemasan, desain-desain tersebut juga diaplikasikan pada medium lain yang dijadikan sebagai gimmick atau suvenir, seperti jaket, sneaker dan tote bag.

Editor : Vien Dimyati