Ingin Diet Tanpa Nasi, Yuk Coba Ganti dengan Makanan Sehat Ini

Siska Permata Sari ยท Kamis, 02 Juli 2020 - 17:35 WIB
Ingin Diet Tanpa Nasi, Yuk Coba Ganti dengan Makanan Sehat Ini

Makanan sehat untuk diet (Foto : Healthline)

JAKARTA, iNews.id - Nasi merupakan makanan yang wajib bagi sebagian masyarakat di kawasan Asia, termasuk Indonesia. Anda pasti sering mendengar istilah ‘belum makan kalau belum makan nasi’. Istilah itu bisa jadi ada benarnya.

Namun, nasi putih, kadangkala tidak selalu ramah pada kebutuhan diet semua orang. Misalnya, orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan, pasti ingin memilih makanan pokok lain di samping nasi yang mempunyai karbohidrat atau kalori lebih rendah.

Jika Anda termasuk salah satunya, atau memang sedang mencari alternatif pengganti nasi, Anda dapat mencoba alternatif sehat di bawah ini. Apa saja? Simak daftarnya seperti dilansir dari Healthline, Kamis (2/7/2020).

Quinoa

Quinoa atau biji-bijian dari Chenopodium quinoa ini mempunyai kandungan yang bagus untuk kesehatan. Sebab ia mengandung protein, kandungan lemak tak jenuh,  kaya serat, dan mengandung berbagai mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Dengan kandungan yang demikian, quinoa dapat dijadikan sebagai pengganti karbohidrat dari nasi sekaligus membuat Anda lebih kenyang, sehingga tentunya cocok bagi Anda yang mau menurunkan berat badan.

Mi shirataki

Mi shirataki adalah mi tradisional Jepang yang kalorinya lebih rendah daripada nasi putih biasa. Mi ini terbuat dari umbi gajah atau konjac yang jika dimasak rasanya kenyal.

Ini baik dijadikan pengganti nasi karena kalorinya sangat rendah yakni 15 kalori, 0,02 gram lemak, 3,44 gram karbohidrat dan 0,19 gram protein per 100 gramnya. Mengonsumsi mi shirataki juga membuat Anda kenyang lebih lama.

Kembang kol

Kembang kol yang dimasak dengan cara merebusnya dapat menjadi alternatif karbohidrat yang rendah kalori. Selain itu, kembang kol juga memiliki rasa yang ringan, serta tekstur dan penampilan yang mirip dengan nasi.

Satu porsi atau 1/2 cangkir (57 gram) kembang kol yang direbus pun hanya memiliki 13 kalori, dibandingkan nasi putih yang memiliki kandungan 100 kalori untuk porsi yang sama.

Brokoli rebus

Seperti kembang kol, brokoli rebus adalah alternatif sehat lainnya. Ini serupa dalam kandungan nutrisi dengan kembang kol yang direbus, dengan 1/2 gelas (57 gram) mengemas sekitar 15 kalori dan 2 gram serat.

Selain itu, brokoli rebus juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Editor : Vien Dimyati