Kenapa Kamu Harus Meninggalkan Handphone saat Makan

Siska Permata Sari · Sabtu, 14 Agustus 2021 - 11:05:00 WIB
Kenapa Kamu Harus Meninggalkan Handphone saat Makan
Tinggalkan handphone saat makan (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Halo semua, merapat yuk! Podcast Kata Dokter bersama dr. Nadia Alaydrus balik lagi nih bukan hanya untuk menghibur, tapi juga memberikan banyak tips dan info seputar kesehatan. Pada episode kali ini, dr. Nadia akan membahas tentang obesitas loh! Mau tahu akan gimana penjelasannya? Yuk langsung dengerin di RCTI+.

Sebagian besar orang pasti akan mengartikan obesitas sebagai gendut atau gemuk. Hal itu nggak sepenuhnya salah, tapi pengertian obesitas yang sebenarnya adalah keadaan ketika jumlah kalori yang masuk lebih besar daripada kalori yang keluar, sehingga terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh yang bisa mengakibatkan berbagai penyakit. Pencernaan juga menjadi tidak baik.

Menurut dr. Nadia, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan obesitas. Hal sederhana seperti bermain handphone dan menonton TV saat makan ternyata bisa berpengaruh loh! “Ketika kita makan, usahakan untuk menikmati makannya, jangan sambil main handphone atau nonton TV, supaya tidak ada distraksi,” kata dr. Nadia.

Dr. Nadia mengungkapkan, distraksi saat makan akan menghambat lambung untuk memberikan sinyal kenyang kepada otak. Distraksi juga bisa membuat kita tidak fokus mengunyah, sehingga akan berpengaruh terhadap pencernaan yang terganggu. “Yang baik, kita itu mengunyah sekitar 20-30 kali,” kata dr. Nadia.

Penasaran bagaimana kelanjutan penjelasan dr. Nadia? Yuk dengarkan selengkapnya di Podcast Kata Dokter hanya di RCTI+.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: