Ketahui Manfaat Penting Konsumsi Susu dan Telur, Salah Satunya Cegah Stunting 

Vien Dimyati · Kamis, 16 Juni 2022 - 14:21:00 WIB
Ketahui Manfaat Penting Konsumsi Susu dan Telur, Salah Satunya Cegah Stunting 
Ketahui pentingnya konsumsi protein hewani (Foto: NDTV)

JAKARTA, iNews.id - Memilih makanan sehat dan bergizi menjadi hal penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Apalagi bagi balita, tentunya membutuhkan asupan gizi yang baik.

Memberikan asupan gizi yang tepat pada bayi dapat mencegah stunting. Stunting merupakan kondisi kekurangan gizi kronis pada bayi yang menyebabkan anak pendek dan perkembangan otaknya tidak maksimal.

Perlu diketahui, pemerintah terus menggiatkan program penanganan stunting untuk mencapai target penurunan menjadi 14 persen secara nasional pada 2024. 

Berdasarkan survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) mencatat prevalensi stunting pada tahun 2019 sebesar 27,7 persen. Adapun Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) mencatat prevalensi stunting di tahun 2021 sebesar 24,4 persen.

Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak, Kementerian Kesehatan, Dr. Erna Mulati mengatakan, kasus stunting dapat dicegah maupun diatasi dampaknya. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi asupan sumber protein hewani yang baik dan cukup, seperti susu dan telur.

"Ada dua intervensi yang dilakukan untuk menangani stunting. Pertama, intervensi spesifik yang dilakukan secara langsung dan kuratif. Intervensi ini berkontribusi pada 30 persen penanganan stunting," ujar dr Erna melalui keterangannya dikutip Kamis (16/6/2022).

Dr Erna menambahkan, intervensi dilaksanakan sebelum dan setelah anak lahir. Adapun sebelum kelahiran meliputi pemeriksaan kehamilan dengan meningkatkan kualitas maupun frekuensinya. 

"Pemeriksaan kehamilan di awal untuk melakukan deteksi sedini mungkin ada tidaknya masalah, termasuk masalah gizi ibu hamil," kata Dr. Erna 

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda