5 Makanan Khas Maluku yang Legendaris, Rasanya Unik dan Wajib Dicicipi

Vien Dimyati ยท Selasa, 07 April 2020 - 08:54 WIB
5 Makanan Khas Maluku yang Legendaris, Rasanya Unik dan Wajib Dicicipi

Kelezatan makanan khas Maluku (Foto : Instagram@kulinerIndonesia)

JAKARTA, iNews.id - Makanan khas Maluku memang selalu menggoda untuk dicicipi. Tidak hanya memiliki destinasi alam yang menakjubkan, Maluku ternyata juga memiliki kuliner lezat yang wajib dicoba.

Berdasarkan letak geografis yang dikelilingi laut, makanan khas Maluku identik dengan yang berbahan dasar ikan. Selain itu, makanan pokok masyarakat Maluku bukanlah nasi.

Kebanyakan dari mereka menjadikan sagu sebagai makanan pokok. Jika kebetulan Anda sedang berada di Maluku, jangan lewatkan untuk mencicipi sajian makanan khas Maluku yang lezat.

Meski memiliki keunikan, makanan khas Maluku benar-benar enak. Ingin tahu apa saja makanan khas Maluku yang bisa Anda cicipi? Berikut ulasannya dirangkum pada Selasa (7/4/2020).

Papeda

Makanan khas Maluku Utara yang satu ini sangat terkenal. Tidak pernah terlewatkan jika Anda berkunjung ke Maluku. Namanya papeda, berbahan dasar sagu. Papeda adalah bubur sagu yang sering disajikan dengan ikan tongkol atau ikan mubara yang dibumbui. Tekstur papeda lengket seperti lem dan rasanya tawar. Cara menyantapnya cukup unik, yaitu dengan diseruput langsung dari wadah.

Sagu Woku Komo-Komo

Makanan yang ini cukup unik. Sagu woku komo-komo sering dijadikan lauk. Makanan ini berasal dari sagu yang direndam air dingin dan dibumbui kemudian dicampur dengan jeroan ikan dan santan kelapa cair. Kemudian dibungkus dengan daun woka. Terakhir, bungkusan tersebut dipanggang hingga daun woka kering dan siap disantap.

Nasi Jaha

Makanan khas Maluku selanjutnya adalah nasi jaha. Nasi jaha berbahan dasar campuran beras biasa, beras ketan, dan santan kelapa. Rasanya sangat gurih. Nasi jaha ini membuat kenyang. Bahan bakunya mengandung banyak karbohidrat. Nasi jaha ini mirip dengan lemper Jawa.

Lapis Palaro

Makanan khas Maluku yang satu ini bukanlah kudapan berbentuk kue. Lapis Palaro merupakan sajian yang berasal dari daging sapi dan campuran bumbu rempah. Cara membuatnya cukup mudah, daging sapi diiris tipis, kemudian larutkan air, garam, gula pasir, dan tepung maizena. Haluskan bumbu yang terdiri dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, kencur, jahe, pala, jinten, cengkeh, dan ketumbar. Daging sapi tadi digoreng terlebih dulu sampai kuning kecoklatan, kemudian air sisa rebusan daging dimasak sampai mendidih dicampur dengan larutan tepung maizena. Aduk hingga meletup. Sajikan daging sapi dengan disiram saus dari tepung maizena.

Bubur Ne

Makanan khas Maluku ini bernama Bubur Ne. Bubur Ne adalah makanan tradisional yang terbuat dari sagu yang dibentuk bulatan kecil seperti telur kodok. Bulatan sagu tersebut dimasak dalam air santan hingga terasa empuk kemudian dicampur dengan gula merah, kayu manis, dan daun pandan. Bubur Ne biasanya disajikan sebagai hidangan penutup oleh masyarakat asli Maluku.

Editor : Vien Dimyati