Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Pelindo Perbarui Aplikasi Phinnisi, Perkuat Transformasi Digital
Advertisement . Scroll to see content

Manfaatkan Peluang Usaha Kuliner di Era Digital yang Aman, Perhatikan Hal Penting Ini!

Sabtu, 19 November 2022 - 22:34:00 WIB
Manfaatkan Peluang Usaha Kuliner di Era Digital yang Aman, Perhatikan Hal Penting Ini!
Manfaatkan peluang usaha di era digital (Foto: Ist)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Di era transformasi digital, semua sektor sangat dimudahkan dalam menerapkan digitalisasi. Termasuk dalam melakukan berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Ya, penetrasi digital yang luar biasa mengubah cara hidup banyak orang, termasuk dalam berbelanja. Demikian pula kemajuan internet melahirkan banyak peluang baru di bidang bisnis, termasuk jasa kuliner. Namun, keamanan digital tidak boleh diabaikan.

Tingginya penetrasi internet di Indonesia telah banyak mengubah perilaku sehari-hari masyarakat Indonesia, termasuk dalam berbelanja. Per Februari 2022, pengguna internet di Indonesia mencapai 204,7 juta orang atau setara 73,7 persen populasi Indonesia. 

Besarnya pengguna internet tersebut menunjukkan pemanfaatan teknologi digital telah mengubah cara hidup sebagian besar masyarakat, termasuk dalam berbelanja yang banyak dilakukan secara
online.

“Ini menjadi peluang baru untuk mengembangkan bisnis secara online, misalnya bisnis kuliner. Pemasaran bisa lewat marketplace karena konsumen lebih menyukai bertransaksi secara online. Selain efisien, juga lebih murah karena terkadang ada tawaran diskon atau bebas
ongkos kirim yang diberikan platform marketplace tersebut,” ujar Danasmoro, Selaki Humas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Danasmoro Brahmantyo, melalui keterangannya belum lama ini.

Menurut dia, agar bisnis bisa dikenal luas, pelaku kreatif sebaiknya tidak ragu untuk masuk dalam ekosistem digital. Promosi sebaiknya memanfaatkan ruang digital, seperti media sosial, karena bisa menjangkau lebih banyak audiens yang berpotensi menjadi calon pelanggan baru.
Tak hanya lewat platform media sosial, promosi bisnis bisa juga dilakukan lewat email atau lewat website yang dibangun khusus untuk pemasaran bisnis tersebut.

“Agar bisnis makin berkembang, jangan lupa lengkapi profil toko dan dibuat semenarik mungkin agar mudah diingat konsumen. Cantumkan informasi produk secara lengkap. Selain itu, rutin melakukan evaluasi dan menganalisis kompetitor atau toko lainnya,” kata Danasmoro.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut