Mengenal Hidangan Tradisional Vietnam di Tahun Baru Tet

Siska Permata Sari ยท Senin, 28 Januari 2019 - 14:02 WIB
Mengenal Hidangan Tradisional Vietnam di Tahun Baru Tet

Kue chung, salah satu hidangan tradisional Vietnam. (Foto: Vietvisiontravel)

JAKARTA, iNews.id - Jatuh di hari yang sama, Vietnam juga merayakan Tahun Baru Imlek versinya sendiri. Namanya Tet Nguyen Dan atau Tet adalah perayaan Tahun Baru di Vietnam yang memiliki arti perayaan pagi pertama.

Banyak tradisi Tahun Baru Tet yang mirip dengan tradisi Imlek. Mulai dari cara merayakannya hingga hidangan khusus yang disediakan di hari perayaan tersebut.

Berbeda dengan hidangan di Tahun Baru Imlek, ini deretan makanan yang khusus disajikan saat hari raya Tet di Vietnam, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (28/1/2019).

Kue Chung

Kue chung merupakan camilan tradisional di Vietnam yang hanya muncul saat perayaan Tahun Baru Tet. Kue ini terdiri dari nasi ketan, kacang hijau, dan daging babi, yang dibungkus dengan daun hijau dan direbus semalaman.

Menurut legenda yang telah diwariskan selama ribuan generasi, kue chung adalah simbol bumi karena menggabungkan semua bahan unik pertanian Vietnam.

Selai Buah

Sajian unik yang mudah didapatkan di perayaan Tahun Baru Tet adalah selai. Nah, selai ini biasanya berasal dari buah-buahan dan sayuran seperti wortel, kelapa, apel, atau beberapa jenis biji seperti biji semangka panggang, biji bunga matahari yang kemudian dicampur dengan gula.

Hal ini karena orang-orang Vietnam percaya bahwa makan-makanan manis pada hari perayaan Tet akan membawa mereka keberuntungan di Tahun Baru ini.

Acar Bawang

Di perayaan Tahun Baru Tet, orang-orang cenderung mengonsumsi makanan berlemak. Oleh karena itu, perlu keseimbangan dengan mengonsumsi makanan berkalori rendah seperti acar bawang. Makanan ini juga khas di Vietnam karena dapat membantu sistem pencernaan agar lebih mudah mencerna makanan berprotein tinggi.

Bagi orang-orang Vietnam, Tet hanya lengkap ketika ada daging lemak, dan acar bawang. Selain itu, ada segudang hidangan khas yang mewarnai Tahun Baru di Vietnam, mulai dari lumpia, ayam rebus, sosis Vietnam, hingga ketan.


Editor : Tuty Ocktaviany