Mengenal Manfaat Susu untuk Mencegah Stunting 

Vien Dimyati · Sabtu, 27 November 2021 - 23:58:00 WIB
Mengenal Manfaat Susu untuk Mencegah Stunting 
Mengenal manfaat susu untuk cegah stunting (Foto: NDTV)

JAKARTA, iNews.id - Sudah menjadi hal umum jika stunting merupakan salah satu kondisi tubuh pada anak yang mengalami kekurangan gizi. Untuk mencegah terjadinya stunting, para orangtua harus memastikan gizi si kecil tercukupi.

Perlu diketahui, ada banyak manfaat susu bagi tubuh yang perlu diketahui. Secara umum, susu memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

Dalam memenuhi gizi setiap hari, susu bermanfaat dapat mencegah terjadinya stunting. Apalagi berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan mendapati prevalensi gizi buruk dan gizi kurang pada anak balita di Indonesia mencapai 17,7 persen.

Sedangkan stunting mencapai 30,8 persen, yang berarti, 3 dari 10 anak Indonesia mengalami stunting. Sementara itu, berdasarkan data puskesmas di wilayah Jakarta Timur, ditemukan sebanyak 413 kasus stunting dari 73 Puskesmas kelurahan di wilayah Jakarta Timur. 

Selain itu, tercatat ada 1.208 kasus gizi kurang dari 71 Puskesmas Kelurahan di wilayah Jakarta Timur. Situasi tersebut membuat PT Frisian Flag Indonesia (FFI) berpartisipasi mendukung pemerintah membantu menekan angka stunting di wilayah Jakarta Timur. Salah satunya, dengan menyalurkan donasi 2 ton susu untuk mendukung mengentaskan stunting.

Corporate Affairs Director FFI Andrew F. Saputro mengatakan, susu merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik yang mudah diserap tubuh dan dapat membantu meningkatkan status gizi anak-anak Indonesia. 

"Kami berharap melalui donasi ini dapat membawa manfaat bagi anak-anak yang membutuhkan dan dapat diduplikasi oleh banyak pihak, demi mewujudkan Indonesia yang sehat, sejahtera dan selaras, kata Andrew, dikutip Sabtu (28/11/2021).

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: