Mengintip Keindahan Gunung Gamkonora di Halmahera, Dulu Porak-poranda sekarang Mirip Luar Negeri 

Raden Yusuf Nayamenggala · Jumat, 09 Desember 2022 - 12:57:00 WIB
Mengintip Keindahan Gunung Gamkonora di Halmahera, Dulu Porak-poranda sekarang Mirip Luar Negeri 
Keindahan Gunung Gamkonora di Halmahera Utara (Foto: Instagram @kiceess_)

JAKARTA, iNews.id - Pesona Halmahera, Maluku Utara selalu menarik dikunjungi. Di sini ada banyak destinasi wisata eksotis yang memanjakan mata. 

Baru-baru ini daya tarik di Halmahera yang menarik perhatian adalah mengenai Gunung Gamkonora. Dulu gunung ini Porak-poranda namun kini pemandangannya mirip seperti di luar negeri.

Gamkonora merupakan gunung yang terletak di Pulau Halmahera, tepatnya di Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.

Puncak Gunung Gamkonora merupakan titik tertinggi di Pulau Halmahera. Kabarnya, letusan gunung berapi tersebut membuat terciptanya kawah yang memanjang dari utara hingga selatan.

Letusan terbesar gunung berapi tersebut terjadi pada tahun 1673, kemudian disusul dengan tsunami yang menghantam desa-desa di sekitar wilayah tersebut.

Kemudian, gunung api tersebut kembali meletus pada 10 Juli 2007. Sekitar 8.000 orang dilaporkan mengungsi dan meninggalkan rumah mereka yang lokasinya berdekatan dengan gunung itu. Kemudian letusan terjadi kembali pada 13 Juni 2012, tapi dampaknya tak terlalu besar.

Namun, siapa sangka Gunung yang dahulu porak poranda tapi saat ini menjadi 'surga' yang amat cantik dan menawan. Keindahan Gunung tersebut terlihat pada unggahan video dari akun Instagram @kiceess_ yang diunggah ulang oleh @indoflashlight.

"Siapa sangka dahulunya porak poranda dan kini berubah menjadi surga cantik dan menawan. Inilah Gunung Gamkonara, pernah meletus tahun 1673 disusul dengan tsunami yang meluluhlantakkan desa-desa di sekitarnya. Akibat letusannya terbentuklah danau yang memanjang. Dan sekarang lihatlah pesonanya! Bak serpihan surga yang tertinggal di bumi," tulis Instagram @indoflashlight.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda