Menikmati Hangatnya Makanan Khas Sunda, Nasi Tutug Oncom Terkenal Lezat

Siska Permata Sari ยท Senin, 12 Agustus 2019 - 07:40 WIB
Menikmati Hangatnya Makanan Khas Sunda, Nasi Tutug Oncom Terkenal Lezat

Chef de Cuisine Shangri-La Hotel Jakarta Himawan Kristianto. (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, iNews.id - Nasi memang menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Rasanya, tidak lengkap apabila makan tanpa nasi yang dihidangkan hangat-hangat.

Di Jawa Barat, ada menu nasi yang menjadi khas makanan Sunda dan memiliki nilai historis tersendiri. Adalah nasi tutug oncom atau sangu tutug oncom.

Sesuai namanya, menu ini terbuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Dan tutug, memiliki arti tumbuk atau menumbuk. Sehingga nasi tutug oncom adalah nasi yang disajikan dengan tumbukan oncom.

"Nasi tutug oncom ini asalnya dari Jawa Barat, makanan khas Sunda. Biasanya disajikan hangat-hangat ditemani dengan ayam goreng, tempe, dan tentunya lalapan," kata Chef de Cuisine Shangri-La Hotel Jakarta Himawan Kristianto kepada iNews.id di Kuningan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Dia mengatakan, cara membuat nasi tutug oncom tergolong mudah. Apalagi bagi yang ingin mencobanya di rumah. "Bahan-bahannya itu ada yang pasti nasi hangat, oncom, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, kencur, garam, gula, dan daun jeruk," kata pria yang akrab disapa Chef Kris.

Chef Kris mengungkapkan, ada trik sebelum mencampur nasi dengan oncom. "Agar rasanya lebih enak, oncomnya itu dibakar dan ditumbuk kasar dulu sebelum ditumis lalu dicampur nasi," katanya sambil memberikan tutorial memasak nasi tutug oncom.

Langkah berikutnya kemudian menghaluskan cabeai merah, bawang putih, bawang merah dan kencur. "Tumis bumbu yang dihaluskan tadi dan tambahkan daun jeruk agar wangi," ucap dia.

Selanjutnya, masukkan gula dan garam, dan oncom yang sudah dihancurkan tadi. "Tumis dan aduk sampai sedikit kering, lalu campur dengan nasi putih panas," tuturnya.

Setelah nasi dan oncom tercampur dengan merata, barulah dihidangkan di atas piring bersama lauk-pauk lainnya seperti ayam goreng, tempe goreng, tahu, lalapan, dan sambal leunca yang menjadi ciri khas masakan Sunda.


Editor : Tuty Ocktaviany