Minum 3 Teh Ini Bisa Bikin Awet Muda, Minat?

Siska Permata Sari ยท Minggu, 31 Mei 2020 - 21:47 WIB
Minum 3 Teh Ini Bisa Bikin Awet Muda, Minat?

Teh hijau bisa bikin awet muda. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Teh memiliki banyak khasiat pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satunya untuk kecantikan kulit. Minum teh secara rutin dapat berdampak positif pada kulit, utamanya untuk mencegah penuaan dini.

Sebab, beberapa variasi teh mengandung antioksidan dan mineral penting, sehingga tidak hanya mencegah penuaan dini pada kulit, tetapi juga menawarkan manfaat kesehatan.

Berikut daftar teh yang bisa bikin awet muda, seperti dilansir darin Longevity Live, Minggu (31/5/2020).

1. Teh chamomile

Teh chamomile dibuat dari bunga chamomile kering yang mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Berkat kandungan tersebut, teh chamomile dapat membantu mengurangi munculnya jerawat.  Pasalnya stres dapat menyebabkan berjerawat, maka efek menenangkan teh chamomile dapat membantu mencegahnya.

Saat digunakan secara topikal, teh chamomile dapat mengurangi jerawat, flek, dan kantung mata bengkak. Hal ini karena teh ini mempunyai konsentrasi kuersetin flavonoid yang dapat memberikan perlindungan dari kerusakan akibat sinar matahari.

2. Teh hijau

Sudah bukan rahasia lagi jika teh hijau mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Seperti kebanyakan teh, teh hijau mengandung banyak antioksidan dan flavonoid.

Namun, salah satu senyawa yang menonjol adalah EGCG. Senyawa ini telah dikaitkan dengan memerangi radikal bebas, sehingga mencegah pembentukan keriput serta mengurangi risiko penyakit kronis.

3. Matcha

Matcha merupakan teh dari Jepang yang terbuat dari daun teh hijau murni. Seperti teh hijau, matcha juga kaya akan antioksidan, katekin dan klorofil. Selain membersihkan tubuh dari radikal bebas, matcha juga dapat digunakan dalam rutinitas kecantikan Anda, yaitu dengan membuat bubuk ini sebagai bahan dalam banyak produk kulit do it yourself (DIY) seperti masker wajah.

Editor : Tuty Ocktaviany