Minuman Sehat Penangkal Virus, Yuk Bikin Bandrek Khas Aceh

Vien Dimyati ยท Senin, 05 Oktober 2020 - 18:36:00 WIB
Minuman Sehat Penangkal Virus, Yuk Bikin Bandrek Khas Aceh
Membuat bandrek Aceh (Foto: Instagram @halimah_kitchen91)

JAKARTA, iNews.id - Minuman penghangat tubuh yang satu ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Terutama dalam menangkal virus masuk ke tubuh.

Sudah menjadi hal umum jika bandrek merupakan salah satu minuman herbal yang terbuat dari rempah-rempah. Tidak hanya Jawa Barat yang terkenal memiliki minuman bandrek. Ternyata, Aceh juga punya bandrek bercitarasa khas.

Bandrek khas Aceh hampir sama dengan bandrek lainnya, yaitu terbuat dari bahan utama jahe. Bahan lainnya adalah daun pandan, lada bubuk, sereh, dan memakai kacang tanah yang di sa

Minuman berbahan dasar dari jahe ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan bisa menangkal virus.

Menurut jurnal dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, menyatakan, jahe memiliki potensi untuk mengobati sejumlah penyakit termasuk gangguan degeneratif (radang sendi dan rematik).

Tak hanya itu, jahe juga bisa mengatasi masalah pencernaan (sembelit dan maag), gangguan kardiovaskular (aterosklerosis dan hipertensi), muntah, serta diabetes mellitus.

Di tengah pandemi Covid-19, minuman hangat ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh. Jahe banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun. Selain kedua zat tersebut, jahe juga memiliki kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

Jika rutin mengonsumsi jahe, dapat membantu tubuh untuk menangkal infeksi bakteri dan virus tertentu. Kandungan gingerol dalam jahe dipercaya bisa menghambat infeksi bakteri dan menghilangkan batuk serta flu.

Bandrek khas Aceh ini dapat menjadi alternatif bagi Anda untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tertarik membuat bandrek khas Aceh? Berikut ulasan resepnya dikutip melalui Instagram @halimah_kitchen91, Senin (5/10/2020).

Bahan:

1,5 liter air (secukupnya)
250 gr jahe merah, iris
5 lembar daun pandan
2 sdt lada bubuk
3 batang sereh, potong iris
200 gr kacang tanah, sangrai
300 gr gula merah (secukupnya sesuaikan manisnya saja)

Cara Membuat:

1. Siapkan panci. Masukkan air, daun pandan, lada bubuk, sereh aduk rata.
2. Setelah 10 menit, masukkan gula merah, masak hingga matang sekitar 25 menit
3. Setelah matang, matikan kompor.
4. Siapkan gelas. Tuang bandreknya lalu tambahkan kacang tanah yang sudah disangrai.
5. Bandrek Aceh siap dinikmati.

Editor : Vien Dimyati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda