6 Oleh-Oleh Khas Bandung Terpopuler, Lezat Bikin Kangen

Siska Permata Sari · Jumat, 05 Maret 2021 - 16:35:00 WIB
6 Oleh-Oleh Khas Bandung Terpopuler, Lezat Bikin Kangen
Mencicipi oleh-oleh khas Bandung (Foto: Instagram @fivafood)

JAKARTA, iNews.id - Oleh-oleh khas Bandung, Jawa Barat, sangat bervariasi. Tidak hanya berupa barang, tetapi juga makanan khas yang bisa dibawa pulang dan dijadikan buah tangan atau oleh-oleh. 

Bila Anda sedang jalan-jalan atau mudik ke Kota Bandung, tentu rasanya tidak akan lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh, baik untuk keluarga di rumah, maupun teman-teman.

Apalagi Kota Bandung terkenal dengan sejumlah kuliner khasnya yang lezat dan bikin kangen, sehingga tidak boleh terlewatkan. Nah, oleh-oleh asli Kota Bandung ini pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda karena cukup populer.

Apa saja sih oleh-oleh khas Bandung? Simak daftar selengkapnya berikut ini, seperti dirangkum pada Jumat (5/3/2021).

1. Surabi Bandung

Oleh-oleh khas Bandung urutan pertama ada Surabi Bandung. Ini merupakan salah satu kuliner populer di kota kembang tersebut. Di Bandung, jajanan pasar tradisional ini biasanya dimasak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas. 

Tak hanya itu, seiring berkembangnya zaman, rasa Surabi Bandung juga bervariasi dan semakin modern. Hal ini membuat makanan yang satu ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh, karena awet dan harganya cukup terjangkau.

2. Peuyeum Bandung

Pembeli memilih peuyeum. Foto/SINDOnews/Asep Supiandi
Pembeli memilih peuyeum. Foto/SINDOnews/Asep Supiandi

Pulang dari Bandung tampaknya tidak lengkap tanpa membawa oleh-oleh berupa peuyeum. Oleh-oleh asli Kota Kembang ini sangat populer dan diincar banyak wisatawan. Memang, beberapa orang masih menganggap peuyeum dan tape itu sama saja, tetapi sebenarnya keduanya berbeda.

Peuyeum Bandung biasanya memiliki tekstur yang lebih kering, karena proses pembuatannya yang berbeda. Nah, Anda bisa menemui jenis kuliner khas satu ini di kawasan Cihampelas.

3. Tahu susu

Mencicipi Tahu Susu (Foto: Instagram @midnight.ktchn)
Mencicipi Tahu Susu (Foto: Instagram @midnight.ktchn)

Berikutnya yang tak kalah populer adalah tahu susu. Oleh-oleh khas Bandung ini patut Anda coba jika Anda mampir ke kawasan Lembang

Sebab, tahu susu Lembang mempunyai tekstur lembut dan kenyal, sehingga setelah digoreng akan memberikan rasa yang lezat, renyah, dan lumer di mulut. Tahu susu goreng akan sangat enak bila dicocol dengan sambal kecap. Selain itu, harganya pun cukup terjangkau, sehingga cocok dibawa pulang sebagai buah tangan atau oleh-oleh. 

4. Pisang Bollen Kartika Sari

Foto: Instagram @iman1299
Foto: Instagram @iman1299

Selanjutnya yang tak boleh terlewatkan adalah jajanan pisang bollen dari Kartika Sari. Salah satu toko yang terkenal dengan pisang bollennya karena legendaris dan rasanya lezat adalah Kartika Sari. Rasanya yang manis legit disertai isian keju yang tebal, dijamin membuat Anda ketagihan. 

5. Seblak Bandung

(Foto: Instagram IG@seblak_ayu)
(Foto: Instagram IG@seblak_ayu)

Bagi Anda pencinta seblak, sangat wajib untuk membeli oleh-oleh khas Bandung yang satu ini. Sebab, seblak ini tentunya berbeda dengan seblak-seblak kebanyakan yang berada di luar Kota Bandung. 

Jika Anda tidak sempat mencicipinya langsung di sana atau ingin menjadikannya oleh-oleh, Anda bisa membawa pulang seblak Bandung dalam bentuk kemasan. 

Seblak Bandung bentuk kemasan tersebut cukup banyak ditemui di beberapa tempat pusat oleh-oleh. Harganya pun tergolong murah.

6. Wajik

Jika Anda senang jajanan tradisional, cobalah oleh-oleh khas Bandung yang satu ini. Wajik Bandung terbuat dari beras ketan dan dicampur dengan kelapa parut serta gula. Makanan satu ini dibungkus kecil-kecil menggunakan kertas minyak dan mempunyai cita rasa yang manis yang legit.

Tak hanya tradisional, jajanan ini juga harganya cukup terjangkau, sehingga cocok dibawa pulang sebagai buah tangan atau oleh-oleh.

Editor : Vien Dimyati