Pakar Kuliner Ungkap Tips agar Opor Ayam Lebaran Tidak Cepat Basi

Okezone ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 14:25 WIB
Pakar Kuliner Ungkap Tips agar Opor Ayam Lebaran Tidak Cepat Basi

Tips agar opor ayam tidak cepat basi (Foto : Instagram@nonyquenny)

JAKARTA, iNews.id - Merayakan Hari Kemenangan identik dengan makanan lezat yang tersaji di meja. Mulai dari rendang, opor ayam, ketupat, dan lainnya.

Apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak orang bersiap memasak opor ayam. Makanan ini memang sangat identik dengan Hari Raya Idul Fitri.

Hampir setiap rumah menyediakan hidangan opor ayam untuk disuguhkan kepada para tamu, atau sekadar disantap bersama keluarga inti.

Sebelum Anda membuat opor ayam, ada baiknya memerhatikan hal penting agar masakan tidak cepat basi.

Pakar Kuliner Indonesia, Sisca Soewitomo mengatakan, cara terbaik mengolah opor ayam adalah tidak sembarangan mencampurkan santan ke dalam masakan. Apalagi bila Anda ingin opor ayam bertahan lama atau tidak cepat basi.

"Kalau saya biasanya sudah masak opor dari dua atau satu hari sebelum Lebaran. Nah, sekarang bagaimana caranya agar tidak cepat basi? Mudah sekali. Jangan langsung mencampurkan santan ke dalam masakan. Campurlah santan ketika opor hendak disantap," ujarnya kepada Okezone.

Lebih lanjut Sisca menjelaskan secara rinci, langkah pertama yang harus dilakukan adalah merebus daging ayam dengan bumbu utama yakni, bumbu kuning.

Setelah daging ayam empuk dan bumbu meresap secara mata. Segera angkat lalu simpan dengan wadah plastik di dalam lemari es. Anda bisa menambahkan santan ketika opor baru hendak disantap.

"Biasanya opor dimakan bareng-bareng setelah salat Idul Fitri. Sebelum berangkat ke masjid, daging ayam dan kuah yang sudah diolah bisa dikeluarkan terlebih dahulu hingga memiliki room temperatur. Kemudian baru deh ditambahkan santan, sembari dihangatkan sebentar," ujarnya.

Tips ini, kata Sisca, juga berlaku untuk beberapa hidangan yang identik dengan Lebaran seperti sambal goreng ati, rendang, dan makanan yang menggunakan santan lain.

"Kalau mau daging empuk dan matang sempurna, memang harus teliti saat proses perebusan berlangsung. Apinya jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil juga. Sedang saja cukup," kata Sisca.

Editor : Vien Dimyati