Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Sandiaga Uno Tingkatkan Omzet Usaha hingga Rp33 Juta dalam 2 Hari, Begini Caranya
Advertisement . Scroll to see content

Sandiaga Uno Resmikan Pembukaan Gerai Kopi Kenangan Internasional Pertama dan Cabang Restoran Sari Ratu di Malaysia

Rabu, 19 Oktober 2022 - 07:09:00 WIB
Sandiaga Uno Resmikan Pembukaan Gerai Kopi Kenangan Internasional Pertama dan Cabang Restoran Sari Ratu di Malaysia
Kemenparekraf resmikan Gerai Kopi Kenangan Internasional Pertama dan cabang Restoran Sari Ratu di Malaysia (Foto: Kemenparekraf)
Advertisement . Scroll to see content

MALAYSIA, iNews.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus mendukung dan mempromosikan Program Indonesia Spice Up The World (ISUTW). Program ini merupakan kerjasama lintas pemangku kepentingan yang bertujuan mempromosikan masakan Indonesia, dengan target pada tahun 2024 nilai ekspor rempah-rempah dan bumbu sebesar 2 miliar dolar AS dan penciptaan 4.000 restoran Indonesia di luar negeri. 

Program ini diluncurkan oleh Presiden pada 4 November 2021 di Expo 2020 Dubai. 

"Dalam arahan Bapak Presiden, kita harus melakukan berbagai inovasi produk yang lebih baik dan memanfaatkan potensi pasar yang masih sangat besar, dengan memperkuat etalase kuliner di luar negeri," ujar Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya secara vitual saat peresmian pembukaan restoran Sari Ratu di cabang Petaling Jaya Malaysia, 18 Oktober 2022.

"Sebagai bukti keseriusan Indonesia dalam mengembangkan program Indonesia Spice Up the World, kemarin kami telah meresmikan pembukaan gerai Kopi Kenangan internasional pertama yaitu di Suria KLCC, dan hari ini kami akan meresmikan pembukaan restoran Sari Ratu di cabang Petaling Jaya," ujar Sandiaga.

Kopi Kenangan merupakan brand yang menjadi Unicorn Retail pertama di Asia Tenggara, dan merupakan salah satu model bisnis kopi (grab-and-go) dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Kopi Kenangan memeroleh predikat unicorn usai diguyur pendanaan Seri C senilai US$ 96 juta (sekitar Rp1,3 triliun) pada Januari 2022 sehingga total pendanaan yang berhasil dihimpun brand ini sejak pertama didirikan pada 2017 telah mencapai 240 juta dolar AS (sekitar Rp 3,4 triliun).

Dengan lebih dari 800 Outlet di 45 kota di Indonesia, Kopi Kenangan telah mempekerjakan lebih dari 5.000 tenaga kerja dan konsisten menerapkan Sistem Jaminan Halal (SJH), serta berhasil meraih penghargaan “The Best Halal Assurance System Implementation” untuk kategori restoran di acara LPPOM MUI Halal Award 2022.

Akhirnya pada tahun ini, setelah tertunda akibat pandemi Covid 19, Kopi Kenangan telah melebarkan sayapnya untuk go-internasional menembus pasar regional, dimulai dengan gerai pertama di Malaysia.

Dalam sambutannya, Sandiaga juga menyampaikan apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh Restoran Sari Ratu untuk terus mengembangkan bisnis kulinernya di luar negeri dan mempromosikan kelezatan kuliner Indonesia dan makanan khas Indonesia, yang akhirnya dikenal sebagai Makanan Indonesia, Nasi Padang autentik standar internasional.

"Kemenparekraf juga akan mendorong akses pembiayaan dan promosi bumbu dan rempah Indonesia di luar negeri, tentunya diperlukan kolaborasi dan koordinasi yang lebih optimal lagi dengan Kementerian atau Lembaga lainnya,” ujar Sandiaga.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut