Sensasi Jakarta Rasa Minang di Festival Nusantara Marandang

Siska Permata Sari ยท Minggu, 02 Desember 2018 - 17:00 WIB
Sensasi Jakarta Rasa Minang di Festival Nusantara Marandang

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (tiga dari kiri), Ketua Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner Kementerian Pariwisata Vita Datau, dan Direktur Sales & Marketing iNews Surya Hadiwinata. (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, iNews.id -  Kekayaan tanah Minangkabau disajikan di Senayan, Jakarta, dalam sebuah festival bertajuk 'Nusantara Marandang', Minggu (2/12/2108). Acara ini meng-highlight masakan khas Minang paling populer di Indonesia, bahkan dunia.

Adalah rendang atau dalam bahasa Padang disebut randang, masakan paling populer dari Sumatera yang didapuk sebagai makanan paling enak di dunia. Sesuai dengan namanya, rendang memang menjadi dominasi di festival ini.

"Selamat untuk Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang telah berhasil melaksanakan Nusantara Marandang. Ini adalah usaha luar biasa, tak hanya untuk melestarikan, tapi mengklaim bahwa randang itu milik Indonesia," kata Ketua Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner Kementerian Pariwisata Vita Datau di Festival Nusantara Marandang, Parkir Timur GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (2/12/2018).

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, acara ini turut menjadi bagian dalam melestarikan budaya Minang, sekaligus mempromosikan masakan paling khas di Minang, yakni rendang di mata Indonesia dan dunia.

"Hari ini ada 34 provinsi di Indonesia yang ikut lomba masak rendang dan demo masak dari chef asal Minang, hal ini tentunya bisa mempromosikan masakan khas kita, rendang," kata Irwan.

Di festival yang diadakan di Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat, menyelenggarakan lomba masak rendang yang kontestannya berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya itu, ada pula masakan-masakan khas Minang di pasar rakyat yang ada di ‘Nusantara Marandang’.

Di antaranya saja yang tak kalah populer selain rendang, ada sate Padang, bubur khas Minang, es cendol Minang, dan berbagai jenis rendang dari berbagai daerah di Sumatera Barat. Selain masakan dan makanan, unsur-unsur kebudayaan Minang juga diangkat di festival tersebut.

Para pengunjung festival ‘Nusantara Marandang’ ini pun tak hanya disajikan kuliner khas Minang, tetapi juga suguhan tarian dan kesenian Minang. Misalnya ada Tari Piring dan Tari Pasambahan atau selamat datang dari Minangkabau. Nyanyian-nyanyian daerah Minang juga turut mewarnai ‘Nusantara Marandang’.

Tak selesai sampai di situ, ada pula kehadiran musisi-musisi Tanah Air, khususnya dangdut yang meramaikan acara ini. Di antaranya ada Upiak Isil, Ikke Nurjanah, dan Kiki Asiska.


Editor : Tuty Ocktaviany