Solusi Kembangkan Usaha Kuliner dan Jasa Makanan lewat Digital

Vien Dimyati ยท Selasa, 23 Juli 2019 - 17:25 WIB
Solusi Kembangkan Usaha Kuliner dan Jasa Makanan lewat Digital

Solusi mengembangkan usaha kuliner (Foto : Ist)

JAKARTA, iNews.id - Usaha kuliner di Indonesia belakangan makin diganderungi masyarakat. Terutama bagi milenial yang terus mengembangkan berbagai konsep jenis usaha kuliner.

Namun sayangnya, merujuk data Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebanyak 70 % dari total hampir 60 juta unit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia belum mendapatkan akses pembiayaan dari perbankan.

Meski demikian, tak sedikit pelaku UMKM yang kini mulai mengadopsi perkembangan digital dalam menjalankan kegiatan bisnisnya. Hal ini seakan memberi sinyal positif dalam ekspansi bisnis skala kecil menengah di Indonesia.

Ruma Catering menjadi salah satu industri rumahan UMKM yang memanfaatkan platform marketplace sebagai jalan keluar dalam mencari permodalan di bidang kuliner dan jasa makanan.

Usaha katering yang sudah berdiri sejak 2 tahun silam ini tengah memasuki proses persetujuan pinjaman modal dari penyelenggara industri keuangan berbasis teknologi (Fintech) yang merupakan partner resmi Ralali.com, online marketplace B2B pertama dan terbesar di Indonesia.

Modal pinjaman yang diajukan Ruma Catering pun cukup besar yakni Rp700 Juta. “Pinjaman dengan dana sebesar itu, rasanya sulit jika diajukan kepada pihak perbankan karena syarat dan ketentuan yang cukup ketat. Dengan dibantu Ralali.com, pinjaman ini bisa menjadi solusi yang praktis dan inovatif," ujar Anita, tim Ruma Catering, di Jakarta, melalui keterangan tertulis yang diterima Selasa (23/7/2019).

Isu permodalan, menurutnya cukup kompleks bagi pelaku usaha kuliner, terlebih klien Ruma Catering didominasi oleh korporat dan kantor pemerintah yang punya kebijakan masing-masing dalam sistem pembayaran. "Kami antar katering hari ini, lunas bayarnya baru dua bulan lagi. Sementara kami butuh perputaran uang cepat, sebab supplier atau vendor barang juga punya aturan khusus dalam skema bayar," tuturnya.

Selain pinjaman modal, Ruma Catering yang merupakan salah satu dari total 160.000 buyer Ralali.com mengaku sangat puas berbelanja kebutuhan bahan baku lewat marketplace tersebut.

Alasannya karena marketplace yang sedang giat melakukan ekspansi di 25 kota se-Indonesia itu menawarkan lebih dari 12.000 vendor atau seller dari berbagai segmen, sehingga memudahkan UMKM memperoleh kebutuhan usahanya.

"Bahkan tim dari Ralali.com sendiri sangat ramah dan membantu kami dalam mencarikan vendor sesuai keperluan katering kami. Keuntungan yang kami rasakan adalah barang yang kami terima selalu dalam kondisi segar dan bagus, jadi kami tidak perlu repot-repot memilah-milah bahan bakunya. Selain itu juga lebih praktis, lebih mudah, lebih cepat, dan harga jauh lebih terjangkau untuk pembelian dalam jumlah banyak," kata Anita.

Sementara untuk pencarian produk tetap dilakukan secara online. Kombinasi ini menghasilkan kepercayaan dari UMKM pada kami,” ujar Herman Antono, VP BIG Resto Ralali.com.

Sejalan dengan misi untuk terus melayani dan membantu para usaha kuliner di Indonesia Ralali.com akan menghadirkan berbagai promosi, cashback, dan kompetisi menarik bagi para pemasok (seller) dan pembeli (UMKM).

Promosi yang ditawarkan antara lain berupa tebus murah minyak goreng 1 karton hanya Rp99.000, gratis ongkir hingga Rp100.000, cashback hingga Rp660.000, dan diskon belanja sampai 96%.


Editor : Vien Dimyati