Tak Terduga, Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Gigi Kuning

Siska Permata Sari ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 19:07 WIB
Tak Terduga, Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Gigi Kuning

Teh bisa sebabkan gigi kuning. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Kita kerap memikirkan kandungan makanan yang ingin kita konsumsi, apakah itu baik bagi tubuh atau tidak. Tetapi, jarang yang memikirkan apakah makanan yang dikonsumsi itu baik untuk gigi Anda?

Tak hanya dampak pada kesehatan gigi, tetapi juga estetika, misalnya dapat mengubah warna gigi menjadi kuning. Sebab, ada beberapa makanan dan minuman yang tanpa sadar membuat gigi Anda menguning.

Makanan dan minuman ini mungkin juga Anda konsumsi sehari-hari. Apa saja sih? Simak daftarnya, seperti dilansir dari Cosmopolitan, Selasa (28/7/2020).

1. Air lemon

Anda pasti berpikir bahwa air hangat dan lemon adalah perpaduan yang sehat untuk memulai pagi. Padahal, buah seperti lemon dan jeruk nipis dapat mengikis enamel gigi, sehingga membuat gigi Anda menguning.

2. Teh

Siapa yang memulai hari dengan secangkir teh? Meskipun minum teh sangat baik bagi kesehatan, tetapi ini bisa menyebabkan noda gigi. Hal ini karena tanin dalam teh, apalagi semakin gelap warna teh Anda, semakin besar kemungkinan itu memengaruhi warna gigi Anda.

3. Kopi

Sama halnya dengan teh, kopi mungkin menjadi bagian dari rutinitas harian Anda. Tetapi, menyebabkan pewarnaan kuning permanen pada gigi Anda. Kopi juga sangat asam, dan makanan asam bisa lebih berbahaya bagi kesehatan mulut.

4. Kecap dan saus tomat

Ada kalanya makanan rasanya tak lengkap tanpa kehadiran kecap atau saus tomat. Tetapi, kedua bumbu tambahan itu rupanya berdampak pada warna gigi Anda. Kecap yang berwarna gelap dapat bertahan lama di gigi Anda setelah makan Anda selesai. Sementara itu saus tomat menyebabkan pewarnaan dan erosi enamel pada gigi.

Editor : Tuty Ocktaviany