Viral, Begini Cara Bikin Dalgona Coffee yang Lebih Sehat

Siska Permata Sari ยท Selasa, 07 April 2020 - 20:05 WIB
Viral, Begini Cara Bikin Dalgona Coffee yang Lebih Sehat

Nikmati kesegaran dalgona coffee. (Foto: Eatingbirdfood)

JAKARTA, iNews.id - Karantina mandiri di rumah karena adanya pandemi virus corona (Covid-19), memantik kreativitas netizen dan memunculkan tren baru. Salah satunya resep minuman es kopi susu kekinian yakni dalgona coffee.

Pertama kali muncul di TikTok dan viral di media sosial lainnya seperti Twitter dan Instagram, membuat dalgona coffee menjadi minuman paling populer saat ini.

Seperti diketahui, dalgona coffee tersebut terdiri dari dua sendok makan gula pasir, dua sendok bubuk kopi instan, dan dua sendok air panas. Bahan-bahan itu kemudian dicampurkan dan dikocok manual atau menggunakan mixer hingga mengental seperti adonan.

Jika sudah mengental, masukkan itu ke gelas dengan 250-300 ml susi uht fullcream dan tambahkan es batu. Dengan semua bahan-bahan tersebut, diperkirakan ada total 208-306 kalori dalam satu gelas dalgona coffee.

Namun jangan khawatir, Anda bisa membuat dalgona coffee yang lebih sehat dan rendah kalori. Bagaimana caranya? Simak informasinya seperti dirangkum dari Eating Bird Food, Selasa (7/4/2020).

Menggunakan gula kelapa

Alih-alih menggunakan dua sendok makan atau 26 gram gula pasir, ada baiknya Anda mencoba menggantinya dengan gula kelapa, yang kalorinya lebih rendah. Jika Anda ingin less sugar atau rasa kopinya lebih terasa, gunakan takaran satu setengah sendok gula kelapa.

Cobalah kopi instan tanpa gula

Kopi instan umumnya mengandung gula tambahan di dalamnya. Namun, ada beberapa yang murni kopi tanpa gula, sehingga tidak menambahkan kadar gula dalam asupan harian Anda.

Mengganti susu

Jenis susu apa pun cocok dengan resep ini karena pada dasarnya Anda hanya menambahkan kopi kocok tersebut di atas susu. Jika Anda ingin tetap bebas dari produk susu hewani atau vegan, Anda dapat mencoba susu almond vanila tanpa pemanis, susu almond tanpa gula, susu gandum, atau santan.

Selamat mencoba!

Editor : Tuty Ocktaviany