Viral Tanaman Porang Disebut Makanan Masa Depan oleh Jokowi, Kenali Manfaatnya

Rizky Pradita Ananda · Sabtu, 21 Agustus 2021 - 14:45:00 WIB
Viral Tanaman Porang Disebut Makanan Masa Depan oleh Jokowi, Kenali Manfaatnya
Mengenal tanaman porang (Foto: Litbang Kementan)

JAKARTA, iNews.id - Belakangan ini tanaman porang viral sejak disebut sebagai makanan masa depan oleh Presiden Joko Widodo. Jokowi menyebut tanaman porang memiliki tingkat kalori rendah (low calori), kadar gula rendah, dan bebas gluten.

Porang diketahui merupakan salah satu tanaman asli dari Indonesia. Tanaman ini berperan penting kala Indonesia dijajah oleh Jepang. Pasalnya, masyarakat Indonesia yang bermukim di area dekat hutan diharuskan mencari tanaman bernama latin Amorphophallus Oncophyllus ini sebagai bahan pangan dan industri.

Mengutip Pangan Litbang Pertanian, Sabtu (21/8/2021) tanaman porang disebutkan masuk dalam tanaman anggota famili Araceae, yang terkenal di kalangan masyarakat awam dengan nama bunga bangkai karena bau bunganya yang tidak sedap. Untuk pemanfaatan, biasanya tanaman porang hanya diambil dari tanaman yang tumbuh liar di bawah tegakan pohon atau di wilayah sekitar hutan lalu dijual dalam bentuk umbi basah.

Ya, tanaman porang memang belum familiar dibudidayakan oleh masyarakat luas. Padahal, secara manfaat tanaman satu ini ternyata memiliki begitu banyak manfaat loh! Apa saja manfaatnya?

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: