Virus Corona Mewabah, 4 Makanan Ini Bisa Distok di Rumah dan Tingkatkan Imunitas

Siska Permata Sari ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 21:10 WIB
Virus Corona Mewabah, 4 Makanan Ini Bisa Distok di Rumah dan Tingkatkan Imunitas

Kentang bisa meningkatkan imunitas tubuh. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Angka kasus positif virus corona baru (Covid-19) di Indonesia semakin tinggi. Berdasarkan data terbaru per Selasa (24/3/2020), angka pasien positif virus corona telah mencapai 686.

Ini membuat banyak orang bertanya makanan apa yang bisa dimakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebab, kekebalan tubuh sangat penting di masa-masa ini.

Sistem kekebalan tubuh rumit dan bergantung pada sejumlah nutrisi untuk berfungsi secara optimal. Berikut bahan makanan yang bisa Anda stok di rumah seperti dirangkum dari Dance Magazine, Selasa (24/3/2020).

1. Makanan mengandung vitamin A

Vitamin A melindungi epitel dan integritas lendir tubuh, yang merupakan pertahanan lini pertama melawan infeksi. Sumber vitamin A yang baik dan memiliki umur simpan panjang di antaranya wortel, ubi jalar, labu, dan labu musim dingin. Sayuran hijau gelap seperti kangkung, seledri, dan lobak hijau.

2. Makanan dengan vitamin C

Tubuh mengandalkan vitamin C untuk memberikan respons kekebalan yang efektif. Karena kolagen dan sejumlah hormon juga diperlukan, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C setiap hari. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C di antaranya jeruk, brokoli, stroberi dan kentang.

3. Makanan dengan vitamin D

Ada beberapa penelitian yang melaporkan kadar vitamin D yang rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko infeksi. Berita baiknya adalah kita dapat memproduksi vitamin D sendiri dengan paparan sinar matahari yang cukup. Berita buruknya adalah kebanyakan orang tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang memadai.

Tetapi jangan khawatir, Anda dapat mendapatkan vitamin D dalam telur. Selain itu, produk susu murni juga merupakan sumber vitamin D alami lainnya.

4. Karbohidrat dengan selenium

Selenium adalah mineral penting yang memainkan peran penting dalam respons imun. Salah satu makanan dengan selenium adalah beras merah. Anda dapat menyajikan nasi merah dengan lauk pauk yang kaya akan vitamin lainnya seperti sayur-sayuran dan protein cukup.

Selamat mencoba!


Editor : Tuty Ocktaviany