Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: istimewa)
Binti Mufarida

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) BBM telah mencapai 96,6 persen. Tercatat 19,95 juta keluarga penerima manfaat telah mendapatkan bantuan ini.

“Pemerintah telah menyalurkan tambahan bantuan sosial untuk melindungi daya beli masyarakat melalui bantuan langsung tunai BBM tahap satu dengan total anggaran 5,6 triliun dan telah disalurkan sebesar 96,6 persen atau kepada 19,95 juta keluarga penerima manfaat,” ujar Luhut dalam Pengarahan Presiden kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pangdam dan Kapolda secara virtual, Kamis (29/9/2022).

Luhut menambahkan, Indonesia harus melakukan langkah-langkah mitigasi risiko yang dapat terjadi di tengah kondisi geopolitik yang masih memanas.

“Kita tidak tahu kapan ujungnya, dan melambatnya perekonomian Global, Indonesia masih terus dihadapkan pada berbagai tantangan, untuk itu langkah terus dilakukan untuk memitigasi risiko yang dapat terjadi,” kata dia.

Menurutnya, salah satu hal yang perlu diwaspadai saat ini adalah inflasi, termasuk kenaikan harga pangan.

“Namun demikian, risiko inflasi termasuk harga pangan strategis masih perlu menjadi perhatian terutama pasca penyesuaian harga BBM,” ucap Luhut.

Dia menyampaikan, berbagai indikator menunjukkan kondisi perekonomian Indonesia masih semakin membaik, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah dan BUMN terus melakukan langkah kolaboratif, konvergensi, sinergi dan inovatif.

“Dan hal ini yang kita butuhkan bapak Presiden untuk kita dapat keluar atau dapat menghadapi tekanan-tekanan ekonomi global dan perkembangan geopolitik yang arahnya masih tidak jelas,” tuturnya.


Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT