BERLIN, iNews.id - Adidas AG menjual anak usahanya, Reebok Internatiol Ltd (Reebok), ke Authentic Brands Groups (ABG) dengan nilai mencapai 2.1 miliar euro atau 2,5 miliar dolar Amerika Serikat (AS).
Manajemen perusahaan produk olahraga asal Jerman itu menyatakan melepas Reebok karena ingin fokus pada Adidas sebagai merek intinya.
Hal itu, juga disebabkan oleh kinerja Reebok yang tak terlalu menguntungkan, sehingga investor berulang kali mendesak untuk menjual merek tersebut.
Adidas membeli Reebok seharga 3,8 miliar dolar AS pada 2006 untuk membantu bersaing dengan saingan beratnya Nike (NKE.N). Itu berarti saat melepas Reebok ke ABG dengan nilai 2,5 miliar dolar AS, Adidas merugi sekitar 1,8 miliar dolar AS.
Reebok mulai menunjukkan peningkatan kinerja, saat Karper Rorsted mengambil alih kursi CEO Adidas pada 2016. Dia meluncurkan rencana perubahan haluan untuk Reebok, yang membantunya kembali ke mencetak keuntungan. Namun kemudian profitabilitas Reebok terus tertinggal dari Adidas, apalagi selama pandemi Covid-19.