BEIJING, iNews.id – Alibaba Group lewat divisi pemasaran digital, Alimama menciptakan alat copywriting dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Alat ini menggunakan mempelajari berbagai contoh tulisan dari situs e-commerce Alibaba, Tmall, dan Taobao.
“Hal ini memungkinkan perusahaan dan pengiklan untuk mendapatkan berbagai contoh teks pemasaran untuk produk mereka hanya dengan memasukkan tautan dan mengklik tombol “Produce Smart Copy”,” kata Christina Lu, General Manager Alimama Marketing melalui keterangan tertulis, dikutip Sabtu (7/7/2018).
Lu mengatakan, teknologi ini sudah digunakan lebih dari satu juta kali dalam sehari oleh para pedagang dan pemasar di situs-situs Alibaba seperti Taobao, Tmall, Mei.com (situs spesialis penjual fashion flash sale), dan 1688.com (situs penjualan barang secara grosir berbahasa Mandarin).
Sejak Rabu (4/7/2018), teknologi ini sudah dapat digunakan untuk membantu kebutuhan copywriting para pedagang. Selain itu, kata dia, teknologi ini juga sudah melewati Uji Turing, sebuah tes yang menilai apakah sebuah mesin mampu memperlihatkan kecerdasan seperti manusia.
Alat ini mampu menghasilkan 20.000 contoh teks pemasaran dalam satu detik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. Selain jumlah kata, para pengguna juga dapat mengatur gaya penulisan, apakah itu bersifat promosi, fungsional, menyenangkan, puitis, atau menyentuh.