Pelaku perjalanan kereta api selama libur Nataru wajib vaksin dua dosis dan menunjukkan hasil negatif RT-PCR atau rapid test antigen. (foto: Okezone)
azhfar muhammad

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyampaikan regulasi dan aturan terbaru bagi para pelaku perjalanan kereta api dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Adapun aturan ini akan berlaku mulai hari ini, Jumat (24/12/2021) hingga 2 Januari 2022. 

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, dengan terbitnya SE Kemenhub No 112 Tahun 2021, maka aturan perjalanan KA pada libur Nataru akan diatur sesuai ketentuan tersebut.

“Untuk pelaku perjalanan di atas 17 tahun, wajib vaksin dosis lengkap (vaksinasi dosis kedua). Jika belum lengkap maupun dikarenakan alasan medis, maka tidak dapat melakukan perjalanan,” ujar Joni dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal Indonesia dikutip, Jumat (24/12/2021). 

Joni menambahkan, untuk pelaku perjalanan diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif RT-PCR 3x24 jam atau rapid test antigen 1x24 jam. 

“Kemudian untuk penumpang usia 12-17 tahun harus sudah vaksin minimal dosis pertama. Menunjukan hasil negatif PCR atau antigen. Sedangkan untuk penumpang berusia di bawah 12 tahun harus menunjukkan hasil negatif PCR dan didampingi orang tua,” kata dia.

Tak hanya itu, KAI menegaskan pelanggan harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam), dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius.

“Pelanggan diwajibkan untuk menggunakan masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut. Pelanggan juga tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan,” ucapnya. 


Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT