Banyak Ritel Tumbang, Aprindo: Perilaku Konsumen Sekarang Leisure Lifestyle

Antara
Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menilai perubahan perilaku konsumen turut memengaruhi penutupan gerai ritel modern Giant. (Foto: Antara)

Saat ini, gerai ritel dengan luasan medium berkisar 2.000-2.500 meter persegi lebih populer dibanding supermarket yang tergolong largest size area dengan luas 5.000 meter persegi ke atas.

"Kemungkinan membuka area yang lebih kecil ini sebagai dampak perubahan perilaku belanja konsumen di Indonesia. Ukuran 2.000-2.500 m2 menjadi cukup populer saat ini," katanya.

Roy menambahkan strategi agar para ritel modern lain dapat bertahan, yakni menambahkan fungsi ritel agar tidak hanya sekadar menjadi pusat belanja, tetapi juga wahana bermain anak-anak, restoran, cafe dan bioskop.

Ia juga berharap agar para ritel menerapkan omni channel, yakni memberikan akses belanja dengan menggunakan berbagai channel sekaligus baik online maupun offline.

Editor : Ranto Rajagukguk
Artikel Terkait
Bisnis
5 hari lalu

Dekan FEB Untar Sebut Transformasi Industri Ritel dari Warung ke E-commerce Ubah Perilaku Konsumen

Bisnis
24 hari lalu

Ritel dan UMKM Bersanding, Aprindo Tegaskan Komitmen Tumbuh Bersama

Seleb
1 bulan lalu

Intip Tren Gaya Rambut Palsu 2026, Makin Natural dan Bikin Percaya Diri

Seleb
1 bulan lalu

Luxe Trip: Fashionably Bandung by HighEnd, Paduan Sempurna Gaya, Persahabatan dan Inspirasi

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal