Itu sebabnya, meski tetap menggunakan promosi sebagai salah satu strategi, beberapa perusahaan e-Commerce tidak lagi hanya mengandalkan program diskon.
Hal itu, disampaikan Yohanes pada acara HKSAR (Hong Kong Special Administrative Region) 25thAnniversary Business Conference: “Resilience and Vibrancy: Hong Kong, Indonesia, and the ASEAN”, pekan lalu.
Menurut dia, ada beberapa strategi yang dapat dilakukan e-Commerce agar saling mengisi sehingga pelanggan betah bertransaksi, meski tidak dengan promosi diskon.
Strategi yang diterapkan antara lain:
- Memberikan jaminan kemudahan dan kecepatan bertransaksi lewat beberapa layanan yang bisa dipilih pelanggan
- Membidik pelanggan yang butuh jaminan kualitas dibandingkan potongan harga
- Melakukan seleksi ketat mitra penjual untuk memastikan produknya berkualitas
- Menjalin sinergi untuk membentuk komunitas e-Commerce
Yohanes mengungkapkan, dengan beberapa strategi mengelola pelanggan dan mitra secara efektif, kinerja Blibli tetap bertahan melewati satu dekade dalam berbisnis.